Pertama di Indonesia, Filler Berbahan Agar-agar yang Tak Bikin Bengkak

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 21 Mar 2019 16:39 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Filler menjadi tindakan yang semakin umum dilakukan untuk mempercantik diri. Biasanya cairan tersebut disuntikkan di bagian wajah yang bermasalah untuk mengisi volume. Meski cukup efektif mengubah bentuk muka, filler ini punya efek samping mulai dari pembengkakan hingga berisiko kanker. Kini hadir filler berbahan alami yang diklaim lebih aman dan terlihat natural.

Biasanya filler menggunakan bahan hyaluronic acid yang dikenal andal mengisi bagian wajah yang terlihat cekung atau berkerut. Setelah bertahun-tahun digunakan para dokter bedah plastik pun mencari alternatif kandungan yang lebih natural sehingga benar-benar murni dan aman. Kemudian ditemukanlah filler Algeness yang terbuat dari 100% polisakarida dari agarose gel atau yang lebih dikenal sebagai agar-agar.

"Sebelumnya filler menimbulkan masalah pembengkakan atau perubahan bentuk, seperti kelihatan disuntik (filler). Algeness adalah filler untuk memberi volume pertama yang membuat wajah tetap (seperti posisi asli) atau tidak membuat wajah turun setelahnya.

"Menggunakan satu molekul dari agar-agar yang toleran dan menjaga bentuk, dan menghilang (dari wajah) secara pelan-pelan," kata Dr. Joan Vandeputte selaku dokter bedah plastik dan penasehat klinis dari Belgia di Dermaster Pondok Indah, Jakarta Selatan, Kamis, (21/3/2019).

Dokter Dermaster dr Jessy Suryadi menambahkan jika beberapa jurnal mengatakan jika kandungan BDDE dalam hyaluronic acid dapat memicu kanker. Karena itu, filler Algeness dinilai lebih aman. Selain aman untuk jangka panjang, bahan alami dalam filler ini membuatnya lebih mudah diserap dan menyatu dengan tubuh. Dengan begitu, hasilnya pun terlihat lebih alami.

"Karena natural, otomatis filler ini non alergi, tidak menyebabkan peradangan dan iritasi jadi sangat aman. Tidak menyebabkan reaksi bengkak dan begitu disuntikkan hasilnya langsung terlihat. Kalau hasilnya sudah bagus akan terlihat seperti itu seterusnya," tutur Jessy.

Filler Algeness ini pun pertama kali dibawa ke Indonesia oleh klinik kecantikan Dermaster. Tak hanya lebih aman, dokter mengatakan jika filler tersebut bisa lebih murah dari pada yang berkandungan hyaluronic acid. Diluncurkan pertama kali di Amerika Serikat sembilan tahun lalu, kini filler Algeness sudah digunakan di 50 negara.

Di Indonesia sendiri sudah mengantongi izin dari BPOM. Seperti kebanyakan filler, Algeness bisa diinjeksi di bagian wajah mana pun yang diinginkan. Bagian yang paling sering diminta pasien adalah dahi, hidung, pipi, bibir, dan dagu. Harga perawatan ini pun bisa bervariasi. Namun umumnya untuk satu cc filler Algeness diberi harga Rp 4-5 jutaan. Hasilnya pun bisa bertahan hingga satu tahun. (ami/ami)