Ini yang Akan Terjadi Kalau Kamu Ekstensi Bulu Mata Terlalu Sering

Nada Saffana - wolipop Senin, 14 Jan 2019 10:07 WIB
Foto: dok. Thinkstock Foto: dok. Thinkstock

Jakarta - Memiliki bulu mata panjang, lentik dan tebal adalah impian banyak wanita. Sayangnya, tidak semua orang memiliki bulu mata yang sempurna.

Keinginan menjadi cantik dengan bulu mata paripurna kemudian melahirkan tren ekstensi bulu mata, atau tanam/sambung bulu mata. Ekstensi bulu mata jadi solusi praktis banuak wanita untuk tampil lebih menarik, karena tak perlu lagi memakai maskara ataupun bulu mata palsu.

Ilustrasi ekstensi bulu mataIlustrasi ekstensi bulu mata (Foto: dok. Thinkstock)

Namun, di balik kepraktisannya, ekstensi bulu mata juga menyimpan beragam risiko bagi kesehatan mata. Apalagi jika dilakukan bukan oleh profesional.

Dikutip dari refinery29, American Academy of Ophthalmology melaporkan ekstensi bulu mata berpotensi merusak folikel bulu mata secara permanen. Prosedur kecantikan ini juga bisa membuat trauma pada kelopak mata dan menimbulkan reaksi alergi.

Seorang optometrist spesialisasi kesehatan dan perawatan mata di New York, Jennifer Tsai, OD, mengatakan, "Saya telah melihat beberapa pasien yang mengalami reaksi alergi di kelopak mata, infeksi, dan mata kering akibat lem yang digunakan dalam ekstensi bulu mata."

Veronica Ruelas, OD, ahli kacamata dan pendiri ThirdEyeVision Foundation juga menemukan hal yang sama. Banyak pasien mengeluh bulu matanya rontok akibat penggunaan lem saat ekstensi bulu mata.


Ilustrasi ekstensi bulu mata. Ilustrasi ekstensi bulu mata. (Foto: Kiki Oktaviani/Wolipop)
Rontoknya bulu mata alami membuatnya menjadi kecanduan untuk kembali melakukan ekstensi bulu mata. Padahal ekstensi bulu mata bisa menyebabkan bulu mata alami rusak dan perlu waktu yang cukup lama untuk tumbuh kembali.

Jennifer menyarankan agar para wanita menggunakan produk yang tak menggunakan lem pada bulu mata. Misalnya maskara atau bulu mata palsu magnet.

Jika memang harus menggunakan ekstensi bulu mata, sebaiknya tidak dipasang secara terus-menerus. Istirahatkan bulu selama beberapa minggu sebelum memasang ekstensi lagi, untuk memberi kesempatan bulu mata alaminya tumbuh.

Selain itu cari salon bereputasi bagus dengan terapis atau staf yang memegang lisensi atau sertifikasi estetika. Pastikan lem yang digunakan steril dan memang khusus digunakan untuk sekitar mata. (dtg/dtg)