Kapan Waktu Terbaik untuk Menggunakan Masker Wajah?

Nada Saffana - wolipop Senin, 07 Jan 2019 11:47 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Masker merupakan perawatan intensif yang dapat memberikan hasil nyata pada kulit wajah dalam waktu instan. Agar masker wajah bekerja efektif, cara dan waktu penggunaannya pun harus diperhatikan.

Kapan waktu terbaik untuk menggunakan masker? Jawabannya tergantung pada jenis masker apa yang digunakan, serta jenis kulit yang kamu miliki.

Masker wajah memiliki beragam jenis. Beberapa masker dirancang menghilangkan minyak berlebih untuk jenis kulit berminyak. Sebaliknya, untuk kulit kering masker bermanfaat untuk mengisi kelembapan yang hilang. Beberapa masker wajah juga dirancang untuk meratakan warna kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Kenali Jenis Kulit
Kapan Waktu Terbaik untuk Menggunakan Masker Wajah?Kenali jenis kulit terlebih dahulu sebelum memilih jenis masker untuk digunakan. Foto: Thinkstock

Waktu menggunakan masker juga tergantung pada jenis kulit. Jenis masker yang melembapkan dapat lebih sering digunakan. Sedangkan masker untuk kulit berminyak digunakan dua hingga tiga kali seminggu, dan kulit sensitif disarankan memakai masker hanya sekali seminggu. Pastikan kamu membersihkan wajah sebelum mengaplikasikan masker.



Perhatikan Tipe Masker
Kapan Waktu Terbaik untuk Menggunakan Masker Wajah?Cara yang benar memakai masker adalah mengetahui kapan menggunakannya. Foto: Thinkstock

Jenis masker deep cleansing yang terbuat dari lumpur, lempung atau arang aktif ditujukan bagi wajah berminyak. Masker ini sangat cocok digunakaan setelah mandi. Menggunakan masker setelah mandi memungkinkan pori-pori menjadi terbuka dan masker akan meresap sempurna ke kulit.

Namun, jika memiliki kulit yang kering lebih baik menggunakan masker sebelum mandi. Hal ini dapat menjaga kelembapan kulit agar tidak kering ketika menggunakan sabun. Pastikan untuk aplikasikan pelembap setelah keluar dari kamar mandi.

Jenis masker yang sangat populer adalah masker tisu atau sheet mask. Tipe masker ini lebih baik digunakan setelah melakukan serangkaian rutinitas perawatan kulit. Jadi kamu harus melakukannya setelah mandi sehingga masker dapat meresap ke kulit dengan baik karena tidak terbilas dengan air.

Masker yang Dipakai Saat Tidur atau Sleeping Mask
Kapan Waktu Terbaik untuk Menggunakan Masker Wajah?Sleeping mask. Foto: ist


Sesuai dengan namanya, masker ini dimaksudkan untuk dibiarkan semalaman dan dibilas dengan pembersih wajah saat pagi hari. Untuk menggunakan masker jenis ini, kamu dapat melakukan rutinitas perawatan kulit seperti biasa, kemudian aplikasikan masker.

Kadang-kadang masker ini digunakan sebagai night cream atau pelembap tergantung pada seberapa kering kondisi kulit. Sleeping mask cenderung memiliki konsistensi tebal dan creamy yang biasa dirancang untuk jenis kulit kering ke normal. (hst/hst)