Sering Terpapar Sinar UV Bikin Flek Hitam Muncul pada Wajah

Nabilla Putri - wolipop Selasa, 11 Des 2018 15:34 WIB
Foto: shutterstock
Jakarta - Selain jerawat dan keriput, flek hitam pada wajah merupakan kondisi kulit yang dihindari para wanita. Faktanya, flek hitam merupakan salah satu tanda penuaan dini. Biasanya flek hitam berbentuk bercak kecokelatan.

Flek hitam bisa muncul pada wajah karena kulit sering terpapar sinar UV. Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur, mengungkapkan sinar UV atau sinar matahari memberikan pengaruh yang besar terhadap kerusakan kolagen dan jaringan elastin.

"Kolagen dan elastin merupakan jaringan pada kulit dermis yang bertanggung jawab terhadap kekuatan dan elastisitas kulit. Sebenarnya ada tiga jenis sinar UV ini yaitu UV A, UV B, dan UV C," ujar dr. Muliaman kepada Wolipop, Senin (10/12/2018).

Ia menjelaskan sinar UV A lebih ringan karena hanya menembus lapisan luar epidermis. Sementara sinar UV B bisa menembus lapisan lebih dalam, yaitu dermis. Sedangkan sinar UV C akan mempengaruhi perubahan warna kulit dan mengubah menjadi lebih kecokelatan.

dr. Muliaman mengatakan mengaplikasikan sunblock saja tidak cukup untuk mengatasi masalah kulit ini. Cara yang tepat agar kulit wajah terhindar dari penuaan dini seperti munculnya flek hitam adalah turut melakukan perawatan dari dalam tubuh.

Salah satunya dengan mengkonsumsi Diva Beauty Drink yang diformulasikan dengan super antioksidan untuk mengurangi flek hitam dan melindungi sinar UV. Selain itu, minuman kecantikan ini juga dilengkapi dengan kolagen dan vitamin E yang bisa mengurangi kerutan serta melembutkan, melembapkan, dan mencerahkan kulit. (mul/mpr)