Ini Rahasia Makeup yang Bikin Rami Malek Mirip Banget Freddie Mercury

Hestianingsih - wolipop Senin, 05 Nov 2018 19:39 WIB
Rami Malek berperan sebagai Freddie Mercury. Foto: Istimewa Rami Malek berperan sebagai Freddie Mercury. Foto: Istimewa

Jakarta - Rami Malek sukses memerankan Freddie Mercury dalam film 'Bohemian Rhapsody'. Selain kemampuan akting yang mumpuni dan latihan gerak tubuh selama berbulan-bulan, kesuksesan sang aktor melakukan impersonasi menjadi penyanyi legendaris dunia itu tak terlepas dari peran tim artistik dan makeup.

Pemakaian gigi palsu, wig kumis dan hidung prostetik hanya tiga dari sekian banyak usaha yang dilakukan tim makeup dan artistik, dikepalai Jan Sewell, untuk mengubah Rami Malek menjadi seorang Freddie Mercury.

Aktor Rami Malek. Foto: Getty Images

"Kamu tidak ingin membuatnya jadi benar-benar sama, tapi yang mau kamu tangkap adalah esensi dari seseorang. Rahang Rami yang tegas sangat mirip dengan Freddie, jadi itu sangat fantastis, tapi yang lainnya tidak terlalu sama," cerita Jan Sewell, seperti dikutip dari Pop Sugar.
Rami Malek saat berperan sebagai vokalis Queen, Freddie Mercury. Foto: Istimewa

Hal tersulit dari transformasi Rami menjadi Freddie adalah bagian giginya. Jan mengaku membuat cukup banyak gigi palsu untuk menciptakan kembali sosok musisi yang meninggal di usia 45 tahun itu.

"Gigi adalah ciri khas utama dari seorang Freddie, jadi kamu terus-terusan mengubah (gigi palsu) jadi sekian milimeter lebih pendek atau panjang," ujar Jan.

Tim makeup dan artistik pun harus memesan kumis palsu dengan model dan bentuk yang berbeda-beda sampai mendapatkan yang paling menyesuaikan wajah Freddie Mercury.
Aksi Rami Malek saat berperan sebagai Freddie Mercury. Foto: Istimewa

Tidak hanya gigi palsu dan wig kumis, Jan juga menggunakan prostetik pada hidung Rami Malek. Disebutkan bahwa Freddie memiliki bentuk hidung yang bengkok seperti burung elang, sedangkan Rami tidak.

"Hidung Freddie sangat lurus dan tajam. Bentuk hidung Rami tak seperti itu, jadi aku pakai hidung prostetic dan itu sangat membantu," jelas makeup artist yang juga sukses mengubah Eddie Redmayne menjadi Stephen Hawkings dalam film 'Theory of Everything' itu.
Freddie Mercury di 1982 saat kumisnya dirapikan. Foto: Getty Images

Jan pun memerhatikan hal detail lainnya agar penampilan Rami bisa mirip Freddie. Ia menggunakan makeup khusus dari Prancis untuk mengubah kulit Rami jadi lebih kecokelatan.

"Rami keturunan Mesir, dan tone kulitnya cenderung pucat dan kekuningan. Sementara Freddie Mercury seorang Persia, yakni keturunan Arab. Kulitnya lebih hangat. Jadi aku harus pakai makeup supaya keduanya mirip," jelasnya.
Freddie Mercury saat konser di Milton Keynes, pada 1982. Foto: Getty Images

Sepanjang film 'Bohemian Rhapsody' yang berdurasi lebih dari 2 jam, Rami tidak pernah memperlihatkan rambut aslinya. Dari awal hingga akhir film, aktor 37 tahun yang populer lewat serial 'Mr. Robot' itu mengenakan model wig yang berbeda-beda untuk menggambarkan sang vokalis Queen itu dari tahun ke tahun.
(hst/hst)