Wanita Kini Operasi Plastik Bukan Ingin Mirip Artis, Tapi Filter Snapchat

Kiki Oktaviani - wolipop Jumat, 03 Agu 2018 18:30 WIB
Foto: dok. Snapchat Foto: dok. Snapchat

Jakarta - Jika beberapa waktu lalu, wanita melakukan operasi plastik karena terinspirasi kecantikan fitur wajah artis, kini era prosedur kecantikan mulai bergeser. Wanita tak ingin lagi mirip Song Hye Kyo, Angelina Jolie atau Kim Kardashian, tapi ingin mirip filter di Snapchat.

Filter unicorn sampai kuping anjing menjadi filter favorit di Snapchat. Begitu juga dnegan filter-filter di Instagram Story. Dengan menggunakan filter tersebut, kulit seseorang menjadi halus, wajah lebih kecil, mata lebih besar dan berwarna.

Menurut penelitian, hal tersebut menimbulkan penyakit mental yang disebut Snapchat Dysmorphia.

Baca Juga: Jalani 10 Operasi Plastik Sekaligus, Artis Cantik Ini Sempat Mati Suri

"Sebuah fenomoena disebut Snapchat dysmorphia muncul, di mana pasien mencari operasi plastik demi tampil seperti versi filter," ujar Dr. Neelam Vashi, direktur di Boston University Cosmetic and Laser Centre.

Menurut sejumlah pakar bedah plastik, pasien kini tidak lagi membawa foto artis ke dokter. Mereka menunjukkan foto selfie mereka dengan editan filter,

Kini banyak millennials yang ingin tampil sempurna di kehidupan nyata seperti mereka tampil di Instagram atau Snapchat. Prosedur kecantikan yang kerap dipilih adalah filler dan botox tulang pipi, mengecilkan hidung dan dagu.

Baca Juga: Jalani Operasi Plastik, Wajah Presenter Ini Malah Dikritik Netizen

Dokter kulit Tijion Esho mengungkapkan bahwa ketika wanita terlalu obsesi dengan filter maka akan membuat mereka jadi lebih kritis terhadap diri sendiri. Dr. Tijion sudah mencemaskan dengan millennials saat ini yang terlalu terobsesi dengan penampilan mereka.

"Bahayanya adalah jika filter tidak hanya dijadikan sebagai referensi, tapi sudah menjadi obsesi, di mana pasien ingin sama seperti di image," ujar Dr. Tijion.
(kik/kik)