Pasang Implan Payudara, Youtuber Ini Malah Merasa Seperti Nenek-nenek

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 03 Agu 2018 16:04 WIB
Foto: Instagram @karissaPukas Foto: Instagram @karissaPukas

Jakarta - Implan menjadi solusi bagi banyak orang yang ingin memperbesar payudara. Meski efektif dan instan, bukan rahasia lagi jika implan payudara bisa punya efek samping kurang menyenangkan. Selain bisa pecah dan mengancam nyawa, implan payudara ternyata dapat menyebabkan masalah kesehatan dan membuat seseorang merasa seperti nenek-nenek.

Adalah Karissa Pukas seorang YouTuber dan blogger gaya hidup asal Kanada. Dalam sebuah video, ia pernah mengungkap betapa implan payudara yang dilakukan di 2014 telah merusak hidupnya. Ingin terlihat lebih seksi dengan payudara berisi, ia malah mendapati sejumlah efek samping, mulai dari alergi makanan, jerawat, pegal otot parah, linglung, kerontokan rambut, hingga pandangan kabur. Hal itu membuat Karissa akhirnya melepas implan.

"Aku kadang-kadang mengalami pandangan kabur dan aku merasa seperti wanita tua. Aku mengalami sakit pinggang, sakit punggung, dan masalah pencernaan. Aku tidak mengerti mengapa aku merasa tua dan lemah di usia 26. Semua ini membuatku seperti hidup di tubuh wanita 90 tahun," kata Karissa.

Padahal Karissa selalu berusaha menerapkan gaya hidup sehat. Ia rutin olahraga dan makan vegetarian. Namun tubuhnya sering terasa sakit tanpa sebab. Tak hanya itu, implan payudara juga membuatnya mengalami efek samping tak terduga yakni bau badan. Bau kurang sedap itu pun bukan karena keringat namun aroma metalik dan asam yang susah dihilangkan.

"Aku juga mulai mengalami keringat parah di malam hari, sampai pada titik di mana aku basah di tempat tidur. Aku bisa bangun di malam hari dan menaruh handuk di atas tempat tidur karena aku basah dan menggigil," ungkapnya.

Hal-hal tersebut sudah terjadi sejak Karissa baru pasang implan hingga bertahun-tahun kemudian. Setelah itu, Karissa pun mulai mengalami masalah menstruasi dan sakit pinggang. Ia juga mendapati tubuhnya sakit, linglung, vertigo, kerontokan rambut, diare hingga jerawat secara misterius. Sejak saat itu, ia mulai berpikir jika itu semua terkait dengan payudara barunya.

Vlogger tersebut memang kerap bercerita dalam videonya mengenai masalah-masalah ini. Berkat beberapa penontonnya yang mencurigai itu semua disebabkan karena implan payudara, Karissa akhirnya memeriksakannya. Setelah dicek dokter, ia pun mengetahui jika implan payudara bisa bereaksi pada autoimun karena tubuh ingin melindungi diri dari masuknya obyek asing.

"Tubuhmu tidak mengenalnya sebagai bagian dari tubuh karenanya tubuh mulai menyerang bukan hanyaimplan tapikasul itu sendiri.Tubuhmu secara konsisten berperang dengan diri sendiri," tuturKarissa yang ingin kisahnya bisa menjadi pelajaran bagi orang lain.

(ami/ami)