Tips Menjaga Kecantikan Kulit Selama Perjalanan Mudik

Silmia Putri - wolipop Selasa, 12 Jun 2018 08:34 WIB
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock

Jakarta - Perjalanan mudik selama berjam-jam tak jarang membuat kulit wajah menjadi lebih kusam. Rasa lelah selama perjalanan terkadang membuat kita lupa untuk merawat kebersihan dan perlindungan kulit.

Jerawat, kulit dehidrasi, atau pigmentasi tinggi akibat sinar matahari bisa jadi 'oleh-oleh' setelah arus balik. Untuk menghindari hal itu, dr. Ariana Suryadewi berbagi tips penting untuk menjaga kulit agar tetap sehat selama mudik.

Dokter cantik itu mengungkapkan tiga prinsip utama perawatan kulit, yaitu nutrisi, pembersihan, dan perlindungan kulit. Agar kulit terasa sehat sepanjang perjalanan, sebaiknya kita menutrisi kulit dengan optimal, baik dari dalam maupun dari luar.

Memakai pelembab itu wajib hukumnya, baik untuk kulit kering maupun berminyak. Kulit berminyak bukan berarti tidak bisa dehidrasi. Jadi, sebelum perjalanan panjang pastikan kulit kita ternutrisi dengan baik.

"Kalau yang sudah sering berkonsultasi ke dokter, sebaiknya sebelum mudik konsultasi dulu. Biasanya dokter akan meresepkan krim-krim menyesuaikan dengan kulit saat itu," ungkap dr. Ariana kepada Wolipop ditemui di kawasan Kemang beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, dr. Ariana juga mengingatkan pentingnya perlindungan kulit dari sinar matahari. Penggunaan sunblock wajib hukumnya saat perjalanan mudik, apalagi yang terkena sinar matahari langsung.

Pemakaian sunblock bisa diulang setiap 2-3 jam sekali. Tapi, jika matahari hari itu sangat terik atau kita terpapar langsung misalnya kita pakai motor atau duduk dekat jendela, penggunaannya bisa lebih sering.

"Tapi, jangan lupa setiap pengulangan pakai sunblock cuci muka dulu. Kan wajah kita kena debu, nanti jerawatan. Nah, jangan-jangan yang jerawatan pakai sunblock bukan karena sunblock-nya tapi karena kita tidak maksimal membersihkan kulit sebelum memakai sunblock," tutup dr. Ariana.
(sil/asf)