Bikin Tutorial Make Up untuk Sahur, MAC Cosmetics Jadi Kontroversi

Silmia Putri - wolipop Selasa, 29 Mei 2018 16:15 WIB
Tutorial makeup sahur dari MAC Cosmetics. Foto: Dok. MAC Cosmetics Tutorial makeup sahur dari MAC Cosmetics. Foto: Dok. MAC Cosmetics

Jakarta - Hampir setiap lini kecantikan dan fashion membuat kampanye menyambut Ramadan dan Lebaran tahun ini. Namun, sepertinya tak semua berjalan mulus. Salah satunya adalah brand kecantikan asal Amerika, MAC Cosmetics.

Tampaknya MAC Cosmetics kurang memahami kebiasaan para muslimah di bulan puasa. Ia membuat tema tutorial make up yang terdengar aneh untuk para muslim, yaitu tutorial make up untuk sahur.

Sebagaimana diketahui, sahur yang dilaksanakan sekitar jam 3-4 dini hari bukanlah momen yang tepat untuk bersolek. Jangankan berdandan, untuk bangun sahur saja jadi tantangan tersendiri. Hal inilah yang membuat MAC Cosmetics mendapatkan hujatan netizen.

Tutorial makeup sahur dari MAC Cosmetics.Tutorial makeup sahur dari MAC Cosmetics. Foto: Dok. MAC Cosmetics


Pada video itu, Mariam Khariallah yang dikenal sebagai Global Senior Artist merias seorang model yang mengenakan turban. Riasan tersebut fokus pada bagian mata. Mariam memakaikan eyeshadow bernuansa cokelat keemasan, dan eyeliner yang membingkai mata sang model.



Tak perlu waktu lama bagi netizen untuk berkomentar negatif. Video di Youtube MAC Cosmetics Middle East langsung dihujani sindiran hingga ungkapan kekecewaan. Tak lama kemudian, MAC Cosmetics menghapus video tersebut.

Meski video telah dihapus, video tersebutmasihtetapviral. Sejumlah media besar dunia sepertiMetroUKmengunggah videotersebutdisitusnya.Netizen pun tetap menghujat di media sosial.Beragammeme bermunculan menyindir riasan sahur yang dianggap tidak relevan dengan kenyataan.









"MAC berpikir kita tampil glamor untuk sahur. Mungkin aku harus tampil cantik untuk menghadapi makananku," ungkap akun Twitter bernama Zaynub.

Namun, ada juga netizen yang membela video tersebut. Ia mengungkapkan adanya kebiasaan sahur bersama di Timur Tengah.

"Buat siapapun yang merasa bingung. Ini sesuatu yang terjadi di Timur Tengah. Ada 'sahoor buffets' yang dilaksanakan jam 9 malam hingga 3 pagi. Para wanita 'dress up', tapi tidak seperti acara buka puasa bersama," ungkap akun Twitter bernama Mariam Hakim.


(sil/eny)