Kata Dokter Kulit, Ini 3 Penyebab Kulit Jadi Gelap

Silmia Putri - wolipop Senin, 16 Apr 2018 09:42 WIB
Alasan Kulit Menggelap. Foto: ilustrasi/thinkstock Alasan Kulit Menggelap. Foto: ilustrasi/thinkstock

Jakarta - Kebanyakan wanita Indonesia menginginkan kulit yang putih dan cerah. Padahal, kulit orang Indonesia memiliki warna kulit cenderung sawo matang. Tak heran jika banyak masyarakat yang termakan janji iklan produk pemutih kulit.

Warna kulit sawo matang bisa lebih menggelap lagi karena beberapa faktor. Namun, kulit yang menggelap bukan berarti buruk. Ditemui di peluncuran Avene Bright Intense di La Moda Plaza Indonesia, Jakarta hari Minggu (15/04/2018), dr. Sondang Aemilia Pandjaitan Sirait, SpKK(K), MPd.Ked. menjelaskan tiga penyebab kulit sawo matang bisa menggelap.

Kata Dokter Kulit, Ini 3 Penyebab Kulit Jadi Gelapdr. Sondang Aemilia. Foto: Silmia Putri/Wolipop

1. Terkena Sinar UVA

Sinar matahari terbagi menjadi 3, yaitu sinar UVA, UVB, UVC. Sinar UVA masuk lebih dalam ke kulit dan bisa memasuki lapisan epidermis paling bawah.

"Untuk memproteksi kulit, lapisan basal yang terletak di bagian paling bawah lapisan epidermis mengeluarkan pigmen sehingga kulit terlihat lebih gelap. Jadi kulit menggelap itu sebenarnya merupakan proteksi kulit terhadap bahaya sinar matahari," ungkap dr. Sondang.

Baca juga: Kulit Gelap itu Cantik, Raisa & 10 Artis Ini Buktikan Tan Tak Bikin Dekil

2. Hormon Saat Hamil

Tak jarang, kulit wanita hamil cenderung menggelap atau muncul bintik cokelat. Hal ini disebabkan oleh kandungan hormon yang tidak stabil. Hormon merangsang munculnya pigmen dengan intensitas yang berbeda dari biasanya.

3. Kulit Iritasi

Iritasi juga terkadang menimbulkan kulit gelap. Lagi-lagi penyebabnya adalah kulit yang berupaya untuk memproteksi diri dari zat yang berbahaya atau tidak cocok dengan kulit kita.

Baca juga: Dulu Berkulit Gelap, Transformasi Wanita Ini Bikin Takjub

Kulit yang menggelap karena sinar UVA itu biasanya terjadi pada kulit sawo matang atau golongan kulit nomor 4-6 yang sering disebut ras Mongoloid, Melanosoid, dan Negroid. Sedangkan warna kulit golongan 1-3 atau ras Asiatic Mongoloid dan Kaukasoid, kulitnya akan memerah jika terkena sinar UVA.

Sinar matahari yang diterima kulit secara terus-terusan akan memunculkan bintik-bintik hitam atau kecokelatan. "Agar kulit selalu sehat, warnanya rata, dan cerah, pemakaian sunblock wajib hukumnya," tutur dr. Sondang.

Skin care lainnya juga tak kalah penting. Pilih skin care dengan kandungan yang bisa merangsang generasi kulit dengan baik, salah satunya adalah vitamin C. Untuk tampil cerah, kandungan akaya pearl pada Avene Bright Intense juga bisa membantu para wanita yang ingin kulitnya terlihat bening seperti kaca.
(sil/sil)