Urutan yang Benar Pakai Produk Perawatan Kulit agar Hasilnya Maksimal

Hestianingsih - wolipop Jumat, 02 Mar 2018 08:04 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Produk perawatan kulit kalau tidak benar cara memakainya, hasilnya juga tak akan maksimal. Setiap jenis produk memiliki tekstur dan kandungan yang berbeda-beda. Sebab itu aplikasinya juga harus dilakukan dengan tepat.

Urutan memakai produk juga penting diperhatikan agar zat aktif yang terkandung di dalamnya bisa bekerja sempurna pada kulit. Belum tahu urutan yang benar memakai produk kecantikan? Simak tips berikut ini, seperti dilansir Refinery 29.

1. Cleanser

Foto: Thinkstock

Awal dari semua perawatan kulit adalah membersihkan. Akan lebih baik jika kamu melakukan double-cleansing agar kulit bersih maksimal. Langkah pertama, hapus makeup terlebih dahulu dengan micellar water atau cleansing oil, lalu lanjutkan pakai facial foam.

2. Toner
Foto: Getty Images

Toner diperlukan untuk membersihkan kulit dari residu pada air kran seperti sodium, khlorin dan zat kimia yang mungkin bisa membuat kulit kering. Cara paling efektif memakai toner adalah dengan menyapukannya ke kulit menggunakan kapas.

3. Face Mist/Hydrating Toner
Foto: Thinkstock

Setelah kulit bersih kamu bisa menyemprotkan face mist atau hydrating toner. Semprotkan face mist lalu tepuk-tepuk wajah agar lebih terserap ke kulit. Gunanya untuk mempersiapkan kulit agar lebih maksimal menyerap kandungan produk berikutnya.

4. Serum
Foto: ist

Serum mengandung konsentrasi zat aktif yang lebih tinggi ketimbang pelembap atau losion. Maka dari itu harus diaplikasikan setelah wajah bersih agar bisa terserap ke level kulit yang lebih dalam.

5. Pelembap
Foto: Thinkstock

Pelembap berfungsi 'mengunci' zat aktif pada serum sekaligus menghidrasi wajah. Oleskan pelembap pada seluruh wajah, leher, juga belakang leher dan dekat tulang selangka.

6. Facial Oil
Foto: ist

Banyak wanita yang memakai facial oil setelah serum. Padahal facial oil lebih efektif diaplikasikan setelah pelembap. Minyak punya kemampuan meresap ke kulit melewati lapisan pelembap. Kalau kamu pakai sebaliknya, minyak justru akan menghalangi jalannya pelembap ke dalam kulit.

7. Sunscreen
Foto: ist

Langkah terakhir adalah pemakaian sunscreen atau tabir surya. Sebaiknya tunggu beberapa menit hingga facial oil terserap ke kulit. Memakai sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari efek merusak sinar matahari.
(hst/hst)