Cegah Keriput dan Penuaan Dini dengan Lakukan 3 Hal Ini

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 22 Feb 2018 07:17 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Memasuki usia 30 tahun kulit akan mengalami pelambatan regenerasi dan menyebabkan timbulnya flak hitam hingga kerutan. Kondisi tersebut tentu akan membuat wajah terlihat kusam. Apa saja yang perlu dilakukan agar wajah bebas dari kerutan?

Menurut Dermatologis Dr. Melyawati Hermawan, kebutuhan nutrisi kulit wajah di usia 30 tahun lebih banyak dibandingkan usia yang lebih muda. Untuk menjaga elastisitas dan kesehatan kulit wajah membutuhkan beberapa hal. Diantaranya adalah

1. Skin Care yang Tepat

Cegah Keriput dan Penuaan Dini dengan Lakukan 3 Hal IniFoto: Thinkstock


Nutrisi yang tepat untuk kulit wajah bisa terbebas dari masalah-masalah umum seperti kulit kusam, munculnya garis halus wajah bahkan flak hitam. Jika biasanya hanya memakai krim untuk mencerahkan kulit, maka usia 30an sudah mulai beralih pada krim anti aging mengungat kebutuhan kulit menjadi lebih banyak.

"Anti aging jadi sesuatu yang buat pergerakan dan regenerasi kulit, pilih kandungan ingredientnya yang tepat. Seperti kandungan retinol yang bisa merangsang pertumbuhan kulit," Ungkap Melyawati pada acara perayaan satu dekade Pond's Age Miracle di Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (21/2/2018)

2. Kurangi Paparan Sinar Matahari

Cegah Keriput dan Penuaan Dini dengan Lakukan 3 Hal IniFoto: Thinkstock


90 persen penuaan dini terjadi karena kulit wajah sering terpapar oleh sinar matahari. Paparan sinar matahari ini menyebabkan produksi melanin berlebihan akibat efek buruk sinar UV, sert distribusi melanosit yang tidak merata.

"Efeknya di muka bisa merusak kolagen yang bisa menyebabkan keriput. Jadi basicnya itu ya tadi tabir surya dan krim anti aging, karena ini kan sebagai investasi agar kulit tetap glowing," ucap Melyawati

3. Konsumsi Makanan Sehat

Cegah Keriput dan Penuaan Dini dengan Lakukan 3 Hal IniFoto: Thinkstock


Selain sinar matahari, 10 persen lainnya seperti makanan, gaya hidup dan stres berperan penting dalam proses penuaan kulit. Untuk itu, menjaga makanan sehat dibutuhkan agar kulit tetap segar.

"Banyak makan buah dan sayur. Kurangi karbohidrat karena makanan yang tinggi gula dan karbohidrat bisa memicu peradangan atau imflamasi," imbuhnya.
(agm/kik)