5 Tanda Pelembap yang Kamu Pakai Tidak Cocok dengan Kulitmu

Vina Kurniawan - wolipop Jumat, 15 Des 2017 13:43 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Memakai pelembap salah satu rutinitas kecantikan wajib untuk menjaga kesehatan kulit. Fungsi utama pelembap untuk menutrisi dan menghidrasi kulit agar tidak kering. Namun salah pakai pelembap yang tak sesuai jenis atau kondisi kulit, justru akan membuat wajah bermasalah.

Ini tanda-tanda kamu pakai produk pelembap yang tidak cocok menurut ahli dermatologi Suzanne Friedler, M.D., seperti dikutip dari Women's Health.

1. Kulit Makin Berminyak
Fungsi utama dari pelembap memang melembapkan kulit wajah namun bukan untuk membuat kulit jadi terlihat sangat berminyak. Menurut Suzanne, jika wajahmu berminyak maka lebih baik memilih pelembap yang bebas minyak. Kamu bisa memilih pelembap dengan kandungan glycerine, dimethicone, dan niacinamide.

2. Timbul Jerawat
Segera hentikan pemakaian jika wajahmu muncul banyak jerawat setelah pakai pelembap. Suzanne mengatakan pelembap yang membuat kulit jadi lebih berminyak akan berpotensi menimbulkan jerawat karena penyumbatan pada pori-pori. Pilihlah pelembap dengan label 'non-comedogenic' dan 'non-acnegenic' pada kemasannya.

3. Ada Bagian Wajah yang Kering
Pelembap digunakan untuk melembapkan kulit. Maka jika masih terdapat bagian kulit yang kering setelah menggunakan pelembap berarti ada yang salah dengan produk yang digunakan. Terutama saat cuaca dingin, kulit sangat membutuhkan pelembap untuk menutrisinya agar tidak kering. Oleh sebab itu pilih pelembap yang mengandung ceramides dan hyaluronic acid.

4. Iritasi atau Kulit Kemerahan
Setiap kulit memiliki jenis yang berbeda-beda, dari mulai yang tidak sensitif hingga sangat sensitif. Khususnya untuk kulit sensitif, pemilihan produk kecantikan pastinya harus sangat diperhatikan. Jika setelah menggunakan pelembap muncul kemerahan dan iritasi maka segera hentikan pemakaian. Menurut Suzanne, pelembap yang mengandung glycolic acid, mineral oils, dan pewangi lebih berisiko menyebabkan iritasi pada kulit. Oleh sebab itu pilihlah pelembap yang bebas dari aroma dan wewangian serta hypoallergenic.

5. Warna Kulit Tidak Merata
Warna kulit tidak rata seperti bercak hitam sebrnarnya bukanlah akibat dari pelembap yang digunakan. Bercak hitam pada umumnya ditimbulkan dari terpaan sinar matahari. Namun jika kamu merasa noda atau bercak hitam yang timbul pada kulit diakibatkan karena proses penuaan, maka ada baiknya kamu mengganti produk kecantikanmu dengan yang lebih baik. Suzanne mengatakan pilih produk pelembap yang dapat membantu mengencangkan kulit dan membuat warna kulit lebih terang.
(hst/kik)