Laporan dari Bangkok

Ini Aktor Indonesia yang Punya Wajah Maskulin dan Ideal Secara Matematis

Anggi Mayasari - wolipop Minggu, 12 Nov 2017 13:15 WIB
Foto: Ismail/detikHOT
Bangkok - Kecantikan dan ketampanan seseorang bisa diukur secara matematis dengan perhitungan Golden Ratio. Hanya saja ada sedikit perbedaan perhitungan wajah ideal proporsional antara pria dan wanita.

Menurut ahli kulit dan estetika dr. Adri Dwi Prasetyo, ada hitungan matematis yang sedikit berbeda tapi secara ratio sama. Artinya, Wajah seseorang memenuhi Golden Ratio-nya apabila garis wajah dari bagian trichion (atas dahi atau garis rambut) hingga ke bagian menton (paling bawah dagu), serta garis wajah dari ujung pipi kiri hingga ujung pipi kanan berbanding 1,618:1. Selain itu, apabila jarak dari garis rambut ke alis, dari alis ke rongga hidung, dan dari rongga hidung ke dagu adalah sama maka wajah tersebut juga memenuhi Golden Ratio.

"Untuk pria itu diterapkan secara berbeda sehingga orang akan kelihatan secara maskulin. Yang berbeda adalah contohnya bentuk rahang," ungkap Adri saat ditemui Wolipop di acara Pertemuan Tahunan ke-38 Intertational Society for Dermatology Surgery di Shangri-la Hotel Bangkok, Thailand.

Pria yang juga merupakan inventor teknik injeksi, dan instruktur filler dan botulinium toksin ini juga mengungkapkan bahwa rahang yang juga lebih kokoh akan memberikan kesan yang baik. Lantas, siapa aktor Indonesia yang memiliki bentuk wajah proporsional?
Ini Aktor Indonesia yang Punya Wajah Maskulin dan Ideal Secara MatematisFoto: Ismail/detikHOT

Meski belum mengukurnya secara akurat, Adri menyatakan bahwa Nicolas Saputra memiliki karakter wajah maskulin yang mewakili pria Asia. Hal tersebut bisa dilihat melalui tulang rahangnya yang terlihat kotak sehingga memiliki kesan maskulin.

"Salah satu yang saya bahas dalam presentasi saya waktu itu di Paris, saya tampilkan bagaimana yang maskulin menurut versi Asia, karena itu memberikan ide yang berbeda dengan apa yang ditampilkan di Eropa. Saya tampilkan waktu itu Nicolas Saputra. Dan Nicolas Saputra itu punya karakter yang cukup unik seperti yang kita tahu tampilan samping dari Nikolas Saputra itu kelihatan sangat datar sehingga bentuk-bentuk tulangnya itu akan terlihat secara menonjol nah dia terlihat secara maskulin," ujarnya.

Meski telah memiliki kerutan, seorang pria juga bisa dikatakan tampan dan maskulin. Tak peduli dengan usia dan ras, untuk menjadi sangat baik secara estetik, Golden Ratio menjadi satu panduan yang cocok dan bersifat lebih abadi serta universal.
Ini Aktor Indonesia yang Punya Wajah Maskulin dan Ideal Secara MatematisFoto: Neilson Barnard

"Kita lihat wajah aktor pemeran film James Bond, Daniel Craig. Kita lihat bahwa wajahnya sebetulnya ada banyak kekurangan seperti kerutan dan cekungan-cekungan. Tapi orang akan melihat dia itu sangat maskulin. Itu sebabnya Golden Ratio jadi panduan yang tidak melulu mengikuti tren tapi bisa diterapkan dengan baik," kata Adri. (agm/asf)