Wajah Seperti Ini yang Dikatakan Cantik Secara Matematik

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 01 Nov 2017 17:30 WIB
Foto: Frederick M. Brown/Getty Images
Jakarta - Cantik dikatakan relatif karena setiap orang punya penilaian dan definisinya masing-masing. Meski begitu, cantik bisa diukur secara matematis. Menurut hitungan matematik, wajah cantik adalah wajah dengan rasio sempurna yang membuatnya enak dipandang mata. Contoh bentuk wajah cantik secara matematik adalah seperti milik Reese Witherspoon. Mengapa demikian?

Wajah seperti milik aktris Reese Witherspoon dikatakan sebagai bentuk wajah tercantik menurut para peneliti Temple University School of Medicine. Hal tersebut bukan berdasarkan penilaian pribadi namun hitungan matematik. Menurut hasil studi tersebut, wajah berbentuk hati lah yang punya proporsi paling sempurna.

Wajah Seperti Ini yang Dikatakan Cantik Secara MatematikFoto: Getty Images
Penelitian itu dilakukan pada gambar 55 model wanita yang ditemukan di Shutterstock. Para peneliti menganalisa wajah mereka demi menemukan seperti apa proporsi wajah yang disebut ideal. Mereka pun mengungkap jika wajah cantik secara matematis umumnya punya jarak antar pupil sejauh 59,2 mm. Sedangkan jarak vertikal antara mata dengan tulang pipi bawah adalah 13,1 mm.

Hitungan tersebut pun sesuai dengan bentuk wajah hati. Para peneliti mengatakan jika hasil studi itu bisa membantu para dokter bedah plastik untuk pengaplikasian filler atau facelift. Menurut Dr Allan Wulc yang menulis studi, bentuk wajah hati selama ini memang menjadi simbol awet muda dan tujuan dari peremajaan kulit.

Wajah Seperti Ini yang Dikatakan Cantik Secara MatematikFoto: Getty Images
"Gagasan 'kecantikan matematik' menyiratkan adanya kontur wajah ideal, dimensi, dan rasio yang sekarang ini menciptakan wajah harmonis, seimbang, dan menarik," kata Allan yang mengungkap jika bentuk wajah sempurna secara matematik juga bisa didapatkan dengan pengaplikasian highlighter dan blush on.

Hasil penelitian tersebut juga ditanggapi positif oleh dokter bedah plastik Dr Gary Rose. Bentuk wajah hati yang menggembung di tengah pun dapat dijadikan acuan perawatan anti aging. "Wajah dan leher bisa turun seiring usia karena kulit kehilangan elastitas dan wajah terlihat kehilangan volume. Perhitungan ini mengungkapkan bahwa penambahan volume di wajah bisa membuat kamu terlihat lebih menarik secara estetika, berbicara dari sudut pandang sains," ungkap Gary kepada Dailymail. (ami/ami)