Ingin Mirip Boyband Korea, Makin Banyak Pria Indonesia ke Klinik Kecantikan

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 24 Jul 2017 18:38 WIB
Foto: Chanyeol EXO. Dok. ist
Nusa Dua - Siapa bilang hanya wanita yang melakukan perawatan di klinik kecantikan? Belakangan, para pria pun mulai berbondong-bondong datang ke klinik kecantikan untuk memaksimalkan penampilan wajahnya.

"Beberapa tahun terakhir, pasien laki-laki di klinik saya mengalami peningkatan," ungkap dokter spesialis kulit dan kelamin dan bedah estetika Adri Dwi Prasetyo di acara International Master Course on Aging Science (IMCAS) 2017 di Westin Nusa Dua, Bali, belum lama ini.

Ditambahkan Adri, peningkatan umumnya terjadi di kota-kota besar karena para prianya lebih terbuka pada kebutuhan tindakan estetika. Usia pasiennya pun beragam, mulai dari 17 tahun hingga paruh baya.

Adri menggolongkan pasien pria menjadi dua kategori berdasarkan kebutuhannya. Pertama, pasien pria metroseksual yang ingin terlihat seperti 'pretty boy' ala personel boyband Korea Selatan. "Trennya mulai meningkat saat boyband K-Pop mulai menginvansi Indonesia," ujar Adri.

Tindakan yang dilakukan untuk pasien ini biasanya memutihkan kulit dan memperbaiki kontur wajah.

Kategori pasien berikutnya lebih mementingkan aspek performa ketimbang estetika. Adri menyebutnya sebagai pasien maskulin. Pasien ini cenderung memilih perawatan yang membuat wajah terlihat lebih segar, bebas dari kerutan dan kulit kendur meskipun usia bertambah.

"Ada pria yang merasa maskulinitasnya terusik saat orang mengkritik wajahnya tampak loyo. Hal itu akan mengurangi rasa percaya diri dan performa mereka, khususnya di lingkungan kerja. Bagi mereka, esensi dari perawatan di klinik kecantikan agar terlihat lebih maskulin," ujar Adri. (dtg/dtg)