ADVERTISEMENT

5 Trik Agar Poni Tidak Makin Lepek Saat Panas dan Keringetan

Rista Adityaputry - wolipop Kamis, 13 Jul 2017 19:26 WIB
Trik agar poni tidak lepek saat berkeringat. Foto: Thinkstock
Jakarta - Cuaca yang panas kadang jadi kurang bersahabat karena bisa mengganggu penampilan. Saat panas, tubuh jadi mudah berkeringat dan berminyak. Rambut juga jadi lepek. Hal sepele seperti poni pun sering kena dampaknya.

Mempertahankan rambut dan poni yang sempurna saat cuaca panas memang susah-susah gampang. Tapi ada beberapa trik tatanan rambut dan perbaikan instan untuk mengakali poni lepek ketika cuaca panas dan tubuh berkeringat. Berikut lima trik instan mengatasi poni lepek dari Corey Tuttle dan Antonio Prieto, penata rambut ternama asal New York, seperti dikutip dari InStyle.

1. Kertas Minyak dan Dry Shampoo
5 Trik Agar Poni Tidak Makin Lepek Saat Panas dan KeringetanFoto: Thinkstock

Saat cuaca panas, kulit kepala menjadi lebih mudah berkeringat hingga membuat rambut, terutama bagian poni, menjadi lebih berminyak dari biasanya. Untuk mencegah poni menjadi semakin berminyak, kamu memang bisa mengangin-anginkan area dahi dengan kipas atau hanya dengan meniupkannya. Namun, cara lain yang lebih praktis adalah dengan menggunakan kertas minyak dan dry shampoo. Kertas minyak juga bisa menyerap minyak di rambut, sedangkan dry shampoo bisa mencegah rambut menjadi lebih lepek.

2. Poni Samping
Foto: ist.

Jika kamu tergolong sebagai orang yang secara rutin melakukan trimming untuk rambut dan poni, kali ini kamu tak perlu bersusah payah ke salon hanya karena poni yang lepek saat cuaca panas. Ubah tatanan ponimu yang biasanya dengan poni samping yang lebih praktis. Ini bisa mencegah ponimu semakin lepek, berkeringat, dan menempel di dahi. Jika ponimu sedikit lebih panjang, kamu bisa menambahkan jepit rambut yang manis agar kedua mata tidak tertusuk ujung rambut.

3. Styling Cream atau Gel

Ketika cuaca panas, poni malah mengikal dan susah diatur? Sebelum keluar rumah, kamu bisa menggunakan styling cream atau gel untuk dioleskan ke poni dan blow dry untuk mencegah poni terlalu lembab. Krim yang cocok bisa membuat ponimu tetap rapi dan lurus sempurna tanpa perlu takut rambut akan berantakan dan lepek karena cuaca yang panas.

4. Arah Menyisir Rambut
Foto: Thinkstock

Jika Anda memiliki cowlicks, yaitu rambut atau anak rambut yang tumbuh tidak searah dengan rambut lain, Anda perlu berhati-hati untuk mengatur poni agar tidak terlihat kacau. Anda mungkin ingin ingin membiarkannya tumbuh lebih panjang agar mudah diatur atau memotongnya lebih pendek agar bisa tersembunyi di antara rambut lainnya. Namun, rasanya terlalu repot kalau harus melakukan hal itu di saat cuaca panas. Trik praktis yang bisa dilakukan adalah dengan menyisirnya ke arah yang berlawanan. Setelah mengeringkannya ke satu arah, sisir kembali cowlicks ke arah yang berlawanan lalu tahan dengan jepit atau scarf.

5. Ubah Tatanan Poni
Foto: Thinkstock

Jika memang tatanan ponimu terlalu tebal dan berat sehingga cukup menyusahkan kalau cuaca panas, sebaiknya kamu memang mengubah gaya ponimu. Poni yang sedikit lebih panjang dari poni tebalmu yang biasanya dan dengan sedikit layer akan bisa membuat poni tidak mudah lepek dan berminyak. (hst/hst)