Susu Kambing atau Sapi untuk Kecantikan, Lebih Bagus Mana?

Rista Adityaputry - wolipop Selasa, 13 Jun 2017 13:34 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Susu merupakan salah satu bahan alami yang sering ditemukan dalam produk kecantikan. Manfaat susu untuk kecantikan sudah terbukti bisa melembabkan dan mencerahkan kulit yang kusam. Selain susu sapi, susu kambing juga dimanfaatkan untuk kecantikan.

Lantas lebih bagus mana untuk perawatan kecantikan, susu sapi atau susu kambing?


Saat ditemui Wolipop di Suasana Restaurant, Jakarta pada Senin (12/6/2017), dr. Fadila Zitria, seorang dokter kecantikan di NMW Skincare, mengemukakan bahwa susu kambing memiliki komposisi yang lebih baik daripada susu sapi.

"Susu kambing itu sebenarnya lebih lembut daripada susu sapi sehingga lebih bisa melembabkan, melembutkan, dan mencerahkan kulit," ucap dr. Fadila. Ia juga menambahkan bahwa butiran lemak dan protein yang terkandung dalam susu kambing lebih kecil sehingga membentuk komposisi lebih baik yang mudah diserap oleh kulit.

Beberapa nutrisi yang terkandung lebih banyak dalam susu kambing adalah asam laktat, protein, kalsium, zat besi, kalium, hingga vitamin A, D, B6, dan B12. Asam laktat dalam susu kambing diakui bisa meregenerasi kulit, membantu menghilangkan kulit mati, dan bisa merangsang pertumbuhan kulit baru.

dr. Fadila mengungkapkan bahwa protein yang dikandung susu kambing juga bisa mencerahkan kulit. Kulit kusam bisa terlihat lebih cantik karena akan tampak lebih segar dan sehat. Sedangkan berbagai vitamin yang terkandung dalam susu kambing membuat kulit menjadi lebih halus, kenyal, dan lembab.

"Meski kandungan susu kambing hampir mirip dengan susu sapi, kadar dalam susu kambing lebih banyak dan juga mengandung antioksidan tinggi," tambah dr. Fadila.

Antioksidan tinggi dalam susu kambing diketahui sebagai salah satu kandungan yang bisa mencegah radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga bermanfaat untuk menyamarkan garis-garis halus di wajah atau keriput dan mempertahankan kekencangan kulit. Jadi, tak perlu lagi kalau ingin menggunakan susu kambing sebagai salah satu rutinitas kecantikan kamu.
(kik/kik)