Susu Kambing untuk Kecantikan, Amankah Digunakan?

Rista Adityaputry - wolipop Selasa, 13 Jun 2017 10:34 WIB
Susu kambing untuk kecantikan. Foto: iStock Susu kambing untuk kecantikan. Foto: iStock

Jakarta - Susu sudah sejak lama dipercaya sebagai salah satu bahan alami untuk merawat kecantikan. Di samping susu sapi, kini susu kambing untuk kecantikan juga mulai dilirik. Apa keistimewaan susu kambing untuk kecantikan ketimbang susu sapi atau susu lainnya?

"Asam laktat dalam susu kambing lebih bisa meregenerasi kulit dan membantu menghilangkan kulit mati," ujar dr. Fadila Zitria, dokter kecantikan dari NMW Skincare saat ditemui Wolipop dalam talkshow yang diselenggarakan Vienna Beauty di Suasana Restaurant, Jakarta, Senin (12/6/2017).

Beberapa manfaat lain yang dimiliki susu kambing untuk kecantikan adalah dapat mencerahkan kulit kusam, menyamarkan kerutan dan garis-garis halus, menjaga kekencangan kulit, merangsang pertumbuhan kulit baru, hingga mencegah efek buruk radikal bebas. Segala manfaat tersebut bisa didapatkan dengan penggunaan susu kambing yang tepat.

Susu Kambing untuk Kecantikan, Amankah Digunakan?Susu kambing untuk kecantikan. Foto: Thinkstock

Menurut dr. Fadila, susu kambing sebaiknya tidak diaplikasikan secara langsung ke kulit. Meskipun susu kambing murni merupakan bahan alami yang baik untuk tubuh, tapi untuk diaplikasikan langsung ke kulit perlu proses yang lebih panjang.

Baca Juga: Skin Care Wajah dari Susu Keledai Akan Jadi Tren Perawatan Kulit Selanjutnya

"Biasanya kalau untuk diminum untuk segi kesehatan bisa buat anti alergi, tapi kalau misalnya untuk perawatan kecantikan, sebaiknya jangan langsung diaplikasikan ke wajah. Lebih baik susu tersebut melalui proses terlebih dahulu," papar dr. Fadila.

Untuk diminum, proses yang perlu dilakukan adalah dipanaskan terlebih dahulu namun jangan sampai mendidih dalam suhu sekitar 65 derajat. Sementara jika digunakan untuk kecantikan, ada susu kambing yang telah diekstraksi sehingga tidak menghilangkan nutrisi susu kambing secara keseluruhan.
Susu Kambing untuk Kecantikan, Amankah Digunakan?Susu kambing untuk kecantikan. Foto: iStock

Susu kambing untuk kecantikan yang telah diekstraksi sudah banyak beredar dalam bentuk produk-produk kecantikan. Misalnya body lotion, body scrub, sabun mandi, body wash, hingga lulur.

Baca Juga: Minuman Susu Almond yang Kekinian Ternyata Bermanfaat untuk Kecantikan

Jika masih ragu apakah susu kambing aman digunakan untuk kecantikan, disarankan melakukan pengetesan pada kulit terlebih dahulu. Tujuannya untuk mengetahui apakah kulit seseorang cocok atau tidak dengan susu kambing yang akan digunakan.

"Kita lihat dulu kulitnya seperti apa. Kalau misalnya memang ada yang alergi susu kambing atau daging kambing, lebih baik mencoba produknya dulu di kulit. Biasanya di bagian lengan dalam atau belakang telinga. Tapi, kalau mau memakai langsung ke wajah tidak disarankan," pungkas dr. Fadila. (hst/hst)