Begini Cara yang Benar Mencuci Beautyblender Menurut Makeup Artist

Hestianingsih - wolipop Jumat, 28 Apr 2017 18:25 WIB
Foto: Dok. Youtube Foto: Dok. Youtube

Jakarta - Peralatan kosmetik bisa menjadi sarang kuman dan bakteri jika tidak pernah rutin dibersihkan. Bayangkan jika spons atau kuas yang kotor Anda gunakan pada wajah, tidak hanya berpotensi iritasi tapi juga memicu munculnya jerawat.

Faktanya, penyebab jerawat tidak hanya karena faktor penggunaan produk skincare yang salah atau minyak dan kotoran yang menumpuk pada wajah. Tapi juga aplikator makeup yang kotor.

Untuk itu penting untuk membersihkan alat makeup secara berkala, khususnya spons bedak atau foundation yang setiap hari digunakan. Makeup artist Adi Adrian menyarankan spons sebaiknya dibersihkan setiap kali selesai dipakai.

Begini Cara yang Benar Mencuci Beautyblender Menurut Makeup ArtistFoto: Delish / iStock


"Idealnya begitu tapi kalau tidak sempat bisa setelah beraktivitas di sore atau malam hari. Bagusnya sih dibersihkan setiap hari," ujar Adi Adrian saat acara perayaan 15 Tahun beautyblender di Galeries Lafayette, Pacific Place Mall, Jakarta Pusat, Jumat (28/4/2017).

Anda bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkan spons. Tapi jika tidak punya atau habis, bisa diganti dengan air hangat dan sampo bayi.

"Saya biasanya pakai sampo bayi karena formulanya lembut dan pH ringan. Direndam sebentar lalu tekan-tekan 5 sampai 6 kali," kata makeup artist dari 3 Make Up Artist ini.

Setelah itu, keringkan di tempat terbuka. Jika sudah kering Anda bisa menempatkannya kembali ke wadah spons atau beautyblender.

Spons yang berkualitas baik seperti beautyblender biasanya bisa bertahan hingga tiga bulan jika dibersihkan dan disimpan di tempat yang tepat.

"Jangan dibiarkan di tempat lembap karena bisa timbul jamur," tambah Joyce Arta dari PT Duta Pesona Jaya, distributor beautyblender untuk Indonesia. (hst/eny)