Ketombe Bikin Hilang PD, Ketahui Penyebab dan Cara Melawannya

Hestianingsih - wolipop Minggu, 16 Apr 2017 15:14 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta -

Ketombe menjadi masalah kulit kepala yang tidak hanya mengganggu kenyamanan karena menyebabkan rasa gatal. Serpihan ketombe yang berjatuhan juga bisa menurunkan percaya diri. Berdasarkan survei dari Head and Shoulders seperti dilansir Women's Health, hampir 50 persen orang tidak mau memakai baju hitam karena ketombe.

Kenapa bisa timbul ketombe di kulit kepala? Masalah kulit yang satu ini termasuk sangat umum dialami orang. Tidak sedikit yang mengira ketombe muncul karena kekeringan pada kulit kepala. Tapi penyebab utamanya ternyata bukan itu.

Dijelaskan dermatologist Joshua Zeichner, M.D., kecil kemungkinannya kulit kepala bisa kering hingga mengelupas yang akan menimbulkan serpihan putih ketika digaruk.

"Dengan tingginya konsentrasi kelenjar minyak pada kulit kepala, sebenarnya sangat jarang kulit kepala bisa kering. Tapi memang ada beberapa produk perawatan rambut yang mungkin bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala sehingga memicu terjadinya kerak pada kulit kepala," ujar Joshua seperti dikutip dari Women's Health.

Penyebab utama timbulnya ketombe adalah jamur. Ketombe muncul ketika jamur malassezia terbentuk dan berkembang pada kulit kepala. semua orang memiliki jamur jenis ini pada kulit. Namun pada beberapa orang jamur ini bisa bereaksi dan lebih aktif sehingga terbentuklah kondisi menyerupai serpihan putih pada kepala.

Jamur malassezia akan aktif dan berkembang ketika berada pada lingkungan yang lembap dan berminyak. Jumlah jamur juga bisa meningkat dan membuat ketombe bertambah parah.

"Jumlah jamur bisa meningkat ketika kelembapan dan temperatur juga meningkat misalnya ketika Anda berkeringat karena olahraga," ujar Joshua.

Untuk mengatasi ketombe, memakai sampo biasa tidaklah cukup. Anda memerlukan sampo yang memang diformulasikan khusus untuk menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala. Biasanya sampo dengan kandungan selenium sulfide efektif menghentikan pertumbuhan jamur, namun karena formulanya cukup keras sebaiknya ikuti anjuran pakai atau patuhi petunjuk dokter jika memang diresepkan. Biasanya sampo antiketombe tidak disarankan dipakai setiap hari dan takarannya pun harus sesuai.

Selain memakai sampo khusus, menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut juga tak kalah penting. Selalu jaga kebersihan sisir atau alat penataan rambut lainnya, untuk menghindari kontaminasi kuman dan jamur lain yang bisa memperparah ketombe.



(hst/asf)