Dianggap Rasis, Iklan Nivea Ditarik dari Facebook

Hestianingsih - wolipop Jumat, 07 Apr 2017 12:06 WIB
Foto: Facebook Foto: Facebook

Jakarta - Setelah iklan Pepsi dan Topshop, satu lagi brand ternama yang mendapat respon negatif akibat strategi promosi yang 'kebablasan'. Kali ini menimpa Nivea yang jadi kontroversi karena slogan iklan terbarunya 'White is Purity'.

Slogan tersebut dianggap rasis karena terkesan mengunggulkan ras atau golongan tertentu. Kegaduhan akibat iklan tersebut muncul setelah Nivea di Timur Tengah mempromosikan produknya lewat akun resmi Facebook. Nivea mem-posting foto seorang wanita berambut panjang duduk membelakangi kamera. Ia tampak duduk di tempat tidur sambil menghadap jendela.

Pada caption foto tertulis, "Keep it clean, keep bright. Don't let enything ruin it, #Invisible."

Sementara itu di dalam foto juga terdapat slogan bertuliskan, 'White is Purity'. Kata 'white' sering kali diasosiasikan dengan ras kaukasian yang berkulit putih. Frase itu juga seolah menggambarkan bahwa hanya seseorang yang berkulit putih lah yang murni atau 'suci'. Sehingga iklan tersebut dinilai netizen tidak sensitif terhadap isu rasialisme.

Padahal, maksud dari iklan tersebut adalah untuk mempromosikan deodoran Nivea yang bernama Invisible for Black & White. Produk tersebut merupakan jenis antiperspiran yang diklaim tidak akan meninggalkan noda ketika mengenakan pakaian hitam atau putih.

Hanya dua hari setelah iklan di-posting di Facebook, Beiersdorf, perusahaan yang menaungi brand Nivea, menariknya dan menyampaikan permohonan maaf. Perusahaan asal Jerman itu menyadari kalau iklan tersebut tidak pantas dipublikasikan dan tak sesuai dengan nilai-nilai yang dianut perusahaan.

"Keberagaman dan penerimaan adalah nilai-nilai krusial bagi Nivea. Kami bangga bisa menciptakan produk-produk yang mendukung kecantikan dalam berbagai bentuk. Diskriminasi terhadap siapapun tidak bisa diterima bagi kami sebagai sebuah perusahaan, pekerja, atau sebagai individu," ujar juru bicara Nivea dalam pernyataannya, seperti dikutip dari Today.

Kritik terhadap iklan Nivea dan penarikan iklan terjadi satu hari setelah Pepsi dikecam karena iklan bertema demonstrasi yang dibintangi Kendall Jenner.
(hst/hst)