Cara Alyssa Soebandono Merawat Rambut Setelah Berhijab

Anggi Mayasari Violita Utami - wolipop Kamis, 30 Mar 2017 12:17 WIB
Foto: Gusmun Foto: Gusmun

Jakarta - Umumnya wanita berhijab kerap kali mengalami masalah pada rambut karena selalu tertutup setiap hari. Masalah yang sering dialami oleh rambut wanita berhijab seperti rambut rontok dan ketombe. Maka dari itu diperlukan perawatan yang lebih intens untuk merawat rambut agar tetap sehat dan kuat.

Seperti yang dialami aktris Alyssa Soebandono, yang memutuskan berhijab sejak menikah 2014 lalu. Sejak berhijab ibu satu anak ini baru mengetahui ternyata perawatan rambut untuk wanita berhijab berbeda dengan wanita pada umumnya. Seperti apa perawatan rambut ala Alyssa?

Cara Alyssa Soebandono Merawat Rambut Setelah BerhijabFoto: Zaky Akbar

1. Mengetahui Tipe Rambut
Anda perlu mengetahui jenis rambut, apakah kering, normal atau berminyak. Biasanya untuk tipe rambut berminyak perlu keramas dan membersihkan rambut lebih sering. Namun untuk tipe rambut kering dianjurkan keramas dua hari sekali untuk menjaga kandungan minyak alami pada rambut.

"Saya cenderung tipe yang rambutnya sedikit berminyak, jadi keramasnya setiap hari tapi selalu pagi. Nah kalau misalnya kegiatan subuh sudah harus berangkat, biasanya keramas di malam hari tapi dipastikan sebelum tidur rambutnya sudah kering, karena kalau nggak kering akan tumbuh jamur dan kalau lembap itu bikin rambut nggak sehat," cerita Alyssa ketika ditemui di D'consulate Lounge, Menteng, Jakarta pusat, Rabu (29/3/17)

2. Cari Produk Sesuai Kebutuhan
Ketika berjilbab Anda akan sering mengikat rambut hampir 24 jam saat beraktivitas diluar. Hal itu menyebabkan setiap harinya 10 sampai 20 helai rambut patah. Belum lagi ketika berhijab rambut tertutup rapat dan tidak adanya udara yang masuk sehingga menyebabkan rambut lebih berminyak. Untuk itu perlu bagi wanita berhijab untuk mencari sampo khusus.

"Kita kira mungkin pakai hijab dan tidak pakai hijab itu perawatannya sama saja ternyata nggak juga. Memang harus mencari satu produk yang memang sesuai dengan kebutuhan kita," kata Alyssa.
Cara Alyssa Soebandono Merawat Rambut Setelah BerhijabFoto: Zaky Akbar

3. Perawatan Khusus
Biasanya rambut wanita berhijab akan lebih rentan mengalami kerusakan sehingga dibutuhkan perawatan ekstra untuk menjaga kesehatan rambut. Selain sampo dan kondisioner, Alyssa menuturkan perlu juga untuk menggunakan hair tonic dan hair mist.

"Perawatan di luar setelah kita keramas itu biasanya saya selalu pakai hair tonic dan hair mist. Jadi kalau kita keringetan atau ingin hijabnya wangi bisa disemprot dengan hair mist," tutur Alyssa.

4. Kurangi Pemakaian Hairdryer
Banyak oranglebih memilih mengeringkan rambutnya dengan hairdryer karena cara tersebut dianggap cepat dan mudah. Namun menurut Alyssa, penggunaan hairdryer yang terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

"Sebenarnya kalau mau pakai hairdryer itu tidak selalu setiap rambut basah lalu mengeringkannya dengan hairdryer. Boleh memakai hairdryer tapi sesekali kalau lagi kepepet aja," jelas Alyssa.
(hst/hst)