ADVERTISEMENT

Ini Bahayanya Jika Terlalu Sering Mengikat Rambut

Anggi Maya - wolipop Minggu, 12 Mar 2017 10:09 WIB
Foto: Handout/Getty Images
Jakarta -

Mengikat rambut rasanya menjadi tatanan favorit banyak wanita, terlebih selama melalui hari yang panjang. Biasanya setelah lama mengikat rambut, sering terasa tidak nyaman atau sakit di bagian kulit kepala.

Dr. Angela Lamb, direktur Westside Mount Sinai Dermatology seperti yang dikutip pada laman Huffington mengatakan bahwa yang membuatnya terasa sakit adalah ujung-ujung saraf yang melekat pada setiap rambut.

"Folikel rambut adalah beberapa dari reseptor pertama yang merasakan sakit," katanya.

Lamb juga menambahkan bahwa rambut adalah komponen seluruh sistem saraf, sehingga ketika menariknya atau memberikan tekanan pada ujung saraf yang merupakan akar dari folikel dan melakukannya dari waktu ke waktu, maka akan terasa sakit.

Mengikat rambut misalnya dengan gaya ekor kuda sebenarnya tidak bahaya, tapi bisa menempatkan Anda pada resiko yang disebut traction alopecia yaitu suatu keadaan dimana rambut mengalami kerontokan, yang bisa pula disebabkan stress dan ketegangan pada rambut.

"Jika kejadian ini berlangsung berulang-ulang maka akan menyebabkan rambut tipis," terang Jessica Wu, dermatologist Los Angeles kepada Huffington.

Selain itu, terus menerus mengikat rambut baik itu ketika olahraga, bekerja atau pada saat pesta dapat menyebabkan kerusakan pada rambut yang sebenarnya.

"Rambut hanya terbuat dari keratin, jika kamu menempatkan terlalu banyak ketegangan dan tekanan dengan mengikat rambut dapat menyebabkan kerusakan pada rambut," ungkap Lamb.

Tak perlu merasa khawatir, untuk mencegah rasa sakit dari kulit kepala dan kerontokan rambut, Anda juga tidak perlu mengikat rambut setiap hari. Coba untuk melakukan variasi yang berbeda terhadap rambut. Satu hari dengan mengepang rambut atau hari berikutnya dengan menguncir ekor kuda. Tapi ingat jangan mengikat rambut terlalu kuat.

"Kepang adalah salah satu penyebab utama dari alopecia traksi namun pastikan untuk tidak menarik rambut terlalu banyak atau terlalu ketat. Jika Anda mengepang dan mengikat rambut pada siang hari, pastikan juga untuk membiarkan rambut tergerai di malam hari," tutup Lamb.



(asf/asf)
e-LIfe
×
Perilaku Selingkuh dari Faktor Genetika, Apa Iya?
Perilaku Selingkuh dari Faktor Genetika, Apa Iya? Selengkapnya