Seperti Ini Bentuk Bibir Wanita yang Sempurna Menurut Penelitian

Hestianingsih - wolipop Jumat, 24 Feb 2017 14:55 WIB
Foto: Frazer Harrison/Getty Images Foto: Frazer Harrison/Getty Images

Jakarta - Seperti apa bentuk bibir yang sempurna? Bibir penuh seperti Kylie Jenner, atau tipis seperti Kendall Jenner? Ternyata menentukan bentuk bibir yang sempurna dan ideal ada sistem matematisnya.

Sejumlah ilmuwan menggunakan sistem penghitungan secara matematis untuk mendapatkan rasio bibir yang dianggap sempurna. Ternyata bibir yang dianggap sempurna tidak dimiliki Kylie Jenner, Kendall Jenner, bahkan Angelina Jolie.

Bibir yang ideal dan paling diinginkan wanita adalah yang lebih tebal di bagian bawah daripada bagian atas. Bentuk bibir dinilai sempurna jika bibir bagian bawah 47 persen lebih besar atau tebal dibandingkan bibir atas.

Foto: dok. Getty Images

Kesimpulan ini didapatkan setelah sekelompok ilmuwan yang diketuai Dr Prem Tripathi menganalisa foto fashion spread yang dimuat dalam majalah Vogue dalam kurun waktu 50 tahun. Dari tebaran foto model yang pernah muncul di majalah, peneliti menemukan adanya 'rasio emas' yang berhasil ditemukan setelah mengidentifikasi model maupun selebriti yang pernah tampil di majalah Vogue.

Ratusan foto bibir di-scan secara digital dan diukur sedetail mungkin. Tujuannya untuk mendapatkan database tentang perubahan preferensi yang terjadi pada bibir wanita selama lima dekade. Penelitian yang dilakukan University of California ini menemukan, bentuk bibir yang paling umum dan banyak muncul di majalah adalah yang rasionya 0.68. Artinya, para wanita yang menjadi model Vogue rata-rata memiliki proporsi bibir yang lebih tebal 47 persen di bagian bawah.
Foto: Getty Images

"Studi ini sangat menarik untuk berbagai alasan. Pertama, studi ini mematahkan teori kalau bibir penuh adalah bentuk bibir yang modern. Data menunjukkan kalau para editor majalah memang selalu ingin menampilkan wanita dengan bibir yang indah. Sebenarnya tidak ada yang baru dalam hal ini. Dari segi ilmiah, penemuan ini tidak mengejutkan, ungkap dokter bedah plastik Dr Navid Jallali, seperti dikutip dari Daily Mail.

Meskipun tidak dianggap sebagai informasi yang baru, namun temuan Dr Prem dan tim penelitinya bisa dijadikan acuan para spesialis bedah estetika untuk mendapatkan hasil akhir senatural mungkin pada klien yang ingin merekonstruksi bentuk bibirnya.
Foto: Jason Merritt/Getty Images for InStyle

"Kami para ahli bedah bisa memakai informasi ini untuk memastikan injeksi filler pada bibir digunakan untuk menegaskan kecantikan wajah wanita secara keseluruhan. Ketimbang membuat bibir terlihat sangat penuh. Tujuannya menonjolkan kecantikan, bukan hanya berkata 'lebih tebal lebih baik' tanpa memikirkan dampaknya pada area wajah yang lain," tuturnya.

Beberapa selebriti wanita yang bibirnya dianggap sempurna menurut penghitungan rasio, di mana bibir bawah lebih tebal 47 persen daripada bibir atas di antaranya Rihanna, Taylor Swift, Blake Lively, Katy Perry dan Emma Stone. Ada pula Natalie Portman, Khloe Kardashian, Solange Knowles, Selena Gomez dan Holly Willoughby.
(hst/hst)
CNN ID
×
Layar Demokrasi
Layar Demokrasi Selengkapnya