Tips Memilih Wewangian Sesuai Kepribadian

Hestianingsih - wolipop Senin, 31 Okt 2016 09:37 WIB
Foto: Dimitrios Kambouris/Getty Images
Jakarta - Banyaknya produk wewangian yang ada di pasaran sering kali membuat kita bingung. Jenis aroma seperti apa yang cocok dengan kita? Bisa dibilang, parfum merupakan 'busana kedua' yang bisa mencerminkan kepribadian seseorang. Sebab, tiap wewangian bisa menimbulkan kesan tersendiri terhadap pemakainya.

Parfum beraroma buah misalnya, biasanya memunculkan kesan playful dan ceria. Sementara floral yang intens, mencirikan wanita dewasa dengan kepribadian feminin. Jika Anda tipe orang yang periang, aroma dengan sentuhan musk bisa jadi pilihan. Sedangkan untuk pribadi romantis bisa memilih nuansa fruity atau buah-buahan. Namun pilihannya ternyata tak sesederhana itu karena kepribadian tiap orang berbeda dan memiliki keunikannya masing-masing. Menurut pakar makeup Amyn Manji, efek dari sebuah parfum bisa berbeda-beda pada tiap wanita.

"Wewangian yang sama bisa menghasilkan aroma yang berbeda pada tiap orang. Harum yang terasa enak dipakai orang lain mungkin akan menimbulkan aroma yang sama sekali berbeda pada tubuh Anda," kata Amyn, seperti dikutip dari Times of India.

Amyn pun memberikan beberapa tips untuk memilih wewangian sesuai kebutuhan dan kepribadian Anda. Apa saja? Simak tipsnya.

1. Kayu-kayuan
Tips Memilih Wewangian Sesuai KepribadianFoto: Thinkstock

Wewangian yang dominan aroma kayu cocok dikenakan saat udara dingin atau di malam hari. Parfum dengan aroma kayu biasanya menggunakan sandalwood, patchouli dan cedar untuk memberikan kesan natural dan earthy, di samping memunculkan suasana hangat. Parfum dengan wangi kayu-kayuaan biasanya cocok digunakan untuk acara atau momen apa pun.

2. Oriental
Tips Memilih Wewangian Sesuai KepribadianFoto: Istimewa

Parfum berbasis oriental umumnya memiliki aroma yang kuat dan intens. Racikan parfum biasanya menggunakan bahan-bahan beraroma 'berat', seperti campuran manis vanilla, musk, dan bunga-bungaan langka. Sebagian besar parfum Oriental memiliki kombinasi mewah antara buah-buahan, rempah hingga kayu-kayuan. Pilihlah wewangian ini untuk tampil mewah atau glamor untuk acara spesial, malam hari atau acara kantor.

3. Floral
Tips Memilih Wewangian Sesuai KepribadianFoto: Cindy Ord/Getty Images

Parfum berbasis bunga dengan aroma yang khas seperti mawar, melati dan lavender memunculkan aura sangat feminin pada pemakainya, tanpa harus terkesan berlebihan. Parfum dengan aroma bunga yang dominan cocok dipakai pada siang hari, saat kerja di kantor atau acara santai.

4. Fruity
Tips Memilih Wewangian Sesuai KepribadianFoto: ist

Aroma buah-buahan memberi kesan segar, dan cocok dikenakan saat udara dingin atau musim hujan. Parfum dengan aroma berbasis buah menimbulkan nuansa hangat, yang sangat cocok bagi para wanita penyuka wewangian klasik tapi ingin sedikit menonjol. (hst/hst)