Makeup untuk Wajah Berjerawat

Wajah Berjerawat, Bolehkah Pakai Makeup?

Intan Kemala Sari - wolipop Jumat, 07 Okt 2016 10:06 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Munculnya jerawat pada wajah membuat tampilan kurang sempurna. Sehingga, banyak wanita yang menyamarkannya dengan menggunakan makeup. Namun sebenarnya, bolehkan menggunakan makeup pada wajah di tengah jerawat yang meradang?

Dr Shannaz Nadia Yusharyahya, SpKK menuturkan, saat wajah sedang ditumbuhi jerawat memang sebaiknya tidak menggunakan makeup. Lebih baik tunggu hingga jerawat kempes dan tidak berbekas baru bisa memulaskan makeup. Tetapi jika memang terpaksa merias wajah saat tengah berjerawat, sebaiknya pilih makeup yang memang dikhususkan untuk kulit berjerawat.

"Kalau memang ada acara khusus, atau kerja di tempat yang mengharuskan pakai makeup, tetap boleh pakai makeup dengan catatan cari kosmetik yang non-comedogenic," jelas dr. Shannaz saat dihubungi Wolipop, Selasa (4/10/2016).

Pada kulit berjerawat, terdapat kelebihan produksi sel di stratum korneum atau lapisan terluar dari kulit yang berisi dengan sel kulit mati. "Sel-sel kulit mati berlebih itu bercampur dengan minyak alami kulit atau sebum yang membentuk komedo, pori-pori wajah yang tersumbat dan bisa menimbulkan jerawat," jelas dermatologi asal Amerika Serikat, dr. Murad seperti dikutip dari InStyle.

Maka dari itu, makeup dengan non-comedogenic menjadi salah satu andalan bagi pemilik kulit berjerawat. Produk non-comedogenic diformulasikan dengan bahan-bahan yang tidak akan mendorong sel-sel kulit untuk berhimpitan satu sama lain dan menyumbat pori-pori.

Ditambahkan oleh dr Shannaz, satu hal yang paling penting saat menggunakan makeup untuk wajah berjerawat adalah pembersihan wajah sebelum dan sesudah menggunakan makeup. Pada wajah yang berjerawat, tidak bisa sekadar membersihkan wajah dengan air dan sabun saja.

"Kalau untuk makeup saat wajah jerawatan boleh saja, tapi harus perhatikan membersihkan wajahnya, cari yang bisa melarutkan sisa makeup dan aman untuk kulit sensitif. Tapi saran saya kalau lagi jerawatan jangan pakai makeup dulu," tutup dokter yang praktik di RSCM, Jakarta Pusat itu.
(int/kik)