Ingin Perawatan Creambath atau Hair Mask, Jangan Lebih Dari 30 Menit

Kiki Oktaviani - wolipop Jumat, 26 Agu 2016 17:23 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Perawatan untuk menutrisi rambut tak hanya sampai pada tahap sampo dan kondisioner. Perawatan mingguan pun penting yakni dengan memakai masker rambut atau creambath. Perawatan seperti itu disebut sebagai deep conditioning yang artinya merawat rambut untuk melembabkan dengan cara yang lebih intens.

Dari petunjuk produk atau dari di tips-tips perawatan rambut, perawatan deep conditioning biasanya disarankan 20 hingga 30 menit saja. Meski sudah ada panduannya, banyak wanita yang sengaja melebihkan waktu perawatan hingga berjam-jam lamanya, bahkan hingga semalaman. Tujuannya untuk menjadikan rambut lebih sehat.

Faktanya, perawatan rambut deep conditioning tersebut hanya dilakukan dalam waktu paling lama 30 menit. Ahli kulit dan kecantikan, dr. Gloria Novelita, SpKK menjelaskan alasannya.

"Dari penelitian, perawatan deep condition selama lima menit, efektifitasnya sekitar 30%. Perawatan selama 10 menit sekitar 50% dan 20 hingga 30 menit 90%. Setelah 30 menit, tidak ada pertambahan nutrisi," ujar dr. Gloria dalam acara Garnier Color Naturals di restoran E&O, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (25/8/2016).

Seperti dikutip dari berbagai sumber, terlalu lama melakukan hair mask dan creambath malah tidak memberikan manfaat untuk rambut. Rambut menjadi terlalu lemas dan keratin lebih mudah rapuh.

Untuk hasil yang lebih maksimal, tutup rambut dengan handuk yang telah dibasahi dengan air hangat. Fungsinya untuk membuat nutrisi lebih mudah menyerap ke dalam batang rambut.

Anda pun bisa membuat bahan untuk deep conditioning sendiri. Dr. Gloria menyarankan untuk menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa yang dihangatkan. Tapi jangan dihangatkan langsung di atas kompor.

Caranya dengan meletakkan minyak di mangkuk. Lalu ambil mangkuk atau piring lainnya yang sudah berisi air hangat. Letakkan mangkuk berisi minyak di atas air hangat untuk membuat minyak menjadi hangat. Lalu Anda bisa memulaskannya langsung di rambut dan kulit kepala. Anda pun bisa menambahkan avokado dalam campuran minyak untuk mendapatkan nutrisi lebih. (kik/kik)