Cara Merawat Rambut yang Diwarnai untuk Mencegah Kerusakan

Kiki Oktaviani - wolipop Jumat, 26 Agu 2016 12:38 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Mewarnai rambut menjadi cara instan untuk mengubah penampilan. Masalahnya, setelah melakukan pewarnaan rambut kerap kali menjadi kering dan pecah-pecah.

Menurut dr. Gloria Novelita, SpKK, kerusakan rambut setelah pewarnaan bisa diminimalisir dengan perawatan yang tepat. Perawatan pun bisa dilakukan di rumah. Berikut ini tips-tipsnya.

1. Pilih Produk Pewarnaan Rambut yang Tepat
dr. Gloria Novelita, SpKK menyarankan untuk memilih produk pewarnaan rambut yang mengandung nutrisi, misalnya mengandung minyak alami. "Ketika pewarnaan rambut memiliki kandungan oil maka akan ideal. Biasanya, minyak alami digunakan untuk perawatan rambut, tapi kini ada produk pewarnaan rambut yang mengandung minyak alami," ujar dr. Gloria dalam acara Garnier Color Naturals di restoran E&O, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (25/8/2016).

2. Punya Riwayat Alergi
Sebelum melakukan pewarnaan rambut, sebaiknya cari tahu dulu apakah Anda alergi atau tidak dengan bahan kimia yang ada di produk pewarnaan. Terlebih lagi jika Anda punya riwayat alergi, maka Anda harus melakukan tes kulit.

"Kalau kamu punya riwayat pakai makeup wajah jadi merah atau gatal, maka wajib melakukan tes kulit. Caranya dengan melakukan tes produk dengan mengambil sedikit pewarna lalu oleskan di belakang telinga. Diamkan selama 48 jam, kalau kemerahan atau gatal berarti tanda alergi," jelas dr. Gloria.

3. Perawatan Rambut Sesuai untuk Rambut Pewarnaan
Pilih sampo dan kondisioner yang memang dirancang khusus untuk rambut bewarna untuk mencegah warna rambut jadi cepat pudar. "Selain itu, supaya warna rambut tidak cepat luntur keramaslah menggnakan air dingin," saran dr. Gloria.

4. Perawatan Deep Conditioning
Perawatan ini berbeda dengan pakai kondisioner, deep conditioning seperti perawatan hair mask atau creambath. Caranya dengan memulaskan produk masker rambut lalu tutup rambut dengan handuk panas selama 20 hingga 30 menit. "Anda bisa merawat rambut dengan memakai minyak panas seperti minyak zaitun yang dicampur dengan avocado," tambah dr. Gloria. (kik/hst)