7 Kebiasaan Baik Setiap Hari untuk Kulit Sehat Bebas Masalah

Hestianingsih - wolipop Kamis, 25 Agu 2016 14:26 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Kulit yang sehat dan cantik tidak serta merta didapatkan dalam semalam. Selain pemakaian produk perawatan, kebiasaan baik juga penting dilakukan. Mulai dari tidur cukup, makan sehat hingga aktivitas fisik. Ini tujuh kebiasaan baik untuk kulit sehat bebas masalah, seperti dikutip dari Style Caster.

1. Tidur Cukup dan Berkualitas
Tidak berlebihan rasanya jika tidur cukup merupakan 'perawatan terbaik' untuk kulit sehat. Seperti organ tubuh lainnya, kulit juga perlu waktu untuk istirahat dan memulihkan diri. Jika Anda mendapati kulit terlihat kusam, timbul keriput sebelum waktunya atau noda sulit hilang, bisa jadi karena Anda kurang tidur.

Waktu tidur yang terlalu sedikit dan tidak nyenyak bisa membuat kondisi kulit memburuk dan proses penuaan berlangsung lebih cepat, karena kerusakan pada kolagen dan terganggunya produksi hyaluronic acid alami yang berfungsi menjaga elastisitas kulit. Usahakan memiliki waktu tidur yang cukup, minimal 7-8 jam sehari.

2. Makanan Sehat
Banyak masalah kulit yang berakar dari sistem pencernaan, akibat makanan yang Anda konsumsi. Sistem pencernaan yang tidak bekerja dengan baik bisa terlihat dari luar melalui kulit, mulai dari timbulnya jerawat, kusam, kerutan hingga eksim. Beberapa jenis makanan bisa memicu iritasi kulit dan sebaiknya dikurangi konsumsinya. Beberapa diantaranya susu, makanan tinggi gula (termasuk karbohidrat), garam, serta lemak. Alergi terhadap makanan tertentu juga bisa membuat kulit kehilangan kilau sehatnya. Konsultasikan dengan pakar nutrisi untuk mengetahui makanan yang sebaiknya Anda hindari dan perlu dikonsumsi.

3. Temukan Produk Kecantikan yang Tepat dan Pakai Secara Rutin
Banyak wanita yang tergoda mencoba produk-produk kecantukan terbaru yang menjanjikan kulit lebih berkilau, mulus dan cerah. Tapi penting diketahui tak semua produk cocok untuk segala jenis kulit. Ketika Anda sudah cocok dengan produk kecantikan dengan brand dan kandungan tertentu, maka sebaiknya tetaplah setia menggunakannya. Anda bisa mengganti produk setelah berkonsultasi dengan dokter kulit, atau cukup mencoba tester-nya untuk mengetahui cocok tidaknya dengan kulit.

Jika ingin mencoba produk baru, mulailah dengan perawatan yang formulanya lembut seperti pembersih dan pelembap. Setelah diketahui cocok bagi kulit, Anda bisa menambah rangkaian dari brand yang sama seperti toner, serum, facial oil atau sunscreen. Kebiasaan yang paling penting untuk kulit sehat adalah tidak pernah absen membersihkan wajah.

4. Olahraga
Anda bisa mendapatkan rona wajah yang terlihat pink alami dengan berolahraga. Rona merah yang muncul pada kedua pipi terjadi karena sirkulasi darah ke seluruh tubuh lancar, sehingga terpancar dari luar. Olahraga bagus untuk kulit karena darah membawa lebih banyak oksigen dan membantu menyingkirkan racun lewat keringat. Selain itu olahraga juga penghilang stres alami. Perlu diketahui, stres juga salah satu faktor utama penyebab kulit rusak.

5. Pakai Sunscreen Setiap Hari
Penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari setiap hari, bahkan ketika cuaca sedang mendung. Paparan sinar matahari bisa mempercepat penuaan dini, menyebabkan hiperpigmentasi, menimbulkan keriput, sehingga Anda tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Gunakan sunscreen dengan perlindungan lengkap terhadap sinar UVA dan UVB, oleskan ulang setiap 2-3 jam.

6. Bersihkan Makeup Sebelum Tidur
Tidur dengan makeup masih menempel di wajah adalah penyebab utama kerusakan kulit. Makeup bisa menyumbat pori-pori, belum lagi debu dan kotoran yang menempel di epidermis, akan membuat kulit kusam, menimbulkan komedo dan jerawat parah. Jangan pernah absen membersihkan wajah sebelum Anda tidur agar kulit selalu sehat dan bebas masalah.

7. Jangan Stres
Stres bisa meningkatkan produksi kortisol, hormon stres yang memicu produksi sebum berlebih sehingga menyebabkan jerawat, rambut rontok dan kurang tidur. Atasi stres dengan liburan, aromaterapi, menonton film, olahraga atau spa. (hst/hst)