ADVERTISEMENT

Cara Unik yang Dipercaya Atasi Rambut Rontok: Urin Sapi Hingga Sperma Kerbau

Kiki Oktaviani - wolipop Selasa, 26 Jul 2016 18:39 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Dalam sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa kerontokan umumnya terjadi ketika memasuki usia 35 tahun. Banyak penyebab terjadinya kerontokan, yang paling sering menjadi pemicunya adalah faktor hormonal dan usia.

Masalah tersebut tentunya bisa menurunkan kepercayaan diri, terlebih lagi jika sudah adanya bagian yang kosong pada kulit kepala atau pitak yang semakin lama bisa memicu kebotakan. Beberapa cara aneh ini dipercaya dapat mengatasi masalah rambut tersebut.

1. Urin Sapi
Entah ini fakta atau mitos yang salah. Kepercayaan suku Agra di India melakukan ritual kecantikan dengan minum urin sapi untuk mencegah kebotakan. Para pria di Agra mengklaim bahwa urin sapi merupakan air ajaib. Tidak hanya untuk merawat rambut, namun bisa juga untuk mengatasi diabetes dan kanker. Tapi, perawatan tersebut hingga kini belum teruji klinis.

2. Jus Bawang Merah
Kelihatannya aneh, namun perawatan rambut dengan jus bawang merah cukup efektif. Jangan khawatir, bawang merah tidak diminum, namun setelah bawang merah dihaluskan, usapkan ke kulit kepala. Bawang merah mengandung sulfur yang membantu menyehatkan keratin. Dalam penelitian tahun 2002 terungkap bahwa 74% orang yang mengaplikasikan ramuan bawang merah dua kali sehari dalam sebulan terlihat pertumbuhan rambut yang cukup signifikan.

3. Sperma Kerbau
Cara aneh lainnya yang dipercaya untuk menumbuhkan rambut adalah dengan sperma kerbau. Ekstrak sperma kerbau organik pun ternyata dimanfaatkan di sejumlah salon di seluruh dunia untuk menumbuhkan rambut. Seperti dikutip dari Telegraph, salah satunya salon The Broot di Amerika yang memiliki perawatan tersebut. Ekstrak sperma kerbau dijadikan sebuah produk masker rambut.

4. Cabe
Dalam sebuah penelitian, cabe dapet meningkatkan pertumbuhan rambut. Tapi cara aneh ini tidak disarankan untuk dipakai langsung. Namun ada banyak produk rambut untuk menumbuhkan rambut yang memiliki kandungan cabe.

(kik/eny)