Cara Mengatasi Kantung Mata Bengkak

Kiki Oktaviani - wolipop Sabtu, 23 Jul 2016 11:13 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Tak jarang suasana di pagi hari jadi drop ketika melihat kantung mata yang bengkak yang memberikan efek wajah lelah. Tapi belum tentu masalah tersebut terjadi karena kurang tidur. Diterangkan oleh pakar kulit Dr. Donna Bilu Martin, bengkak pada mata juga bisa terjadi karena penuaan.

"Dengan datangnya penuaan, jaringan kecil yang ada di bawah mata yang disebut septum menjadi lebih tipis. Bantalan lemak yang normal berada di bawah mata kemudian menerobos sehingga menyebabkan menonjol di bawah mata," ujar dokter yang bekerja sebagai konsultasi kesehatan kulit di brand kecantikan Clark's Botanicals seperti dikutip The Fashion Spot.

Baca juga: 50 Inspirasi OOTD Hijabers Dunia

Inilah beberapa cara untuk mengatasi masalah kantung mata bengkak:

1. Diet Gula
Dalam mengatasi masalah pembengkakan mata tersebut, diet memiliki peranan penting. Salah satu makanan yang dapat memberikan efek pembengkakan di seluruh tubuh adalah konsumsi gula berlebih. "Kami sarankan kepada klien untuk meninggalkan gula demi kepentingan kesehatan, hal pertama yang mereka lihat setelah itu adalah pembengkakan pada mata berkurang," kata Dr. Patricia K. Farris, profesor di Universitas Tulane seperti dikutip dari Oprah.

2. Posisi Tidur
Posisi saat tidur juga meredakan bengkak pada mata. Posisi tidur yang datar memungkinkan cairan berkumpul di area mata. Disarankan gunakan bantal yang lebih tinggi atau tidur dengan dua bantal untuk mencegah retensi cairan di area mata.

3. Pakai Krim Mata
Carilah krim mata yang mengandung vitamin C, vitamin B3 dan retinol. Menurut pakar kulit Dr. Ashley Magovern, kandungan-kandungan tersebut ideal untuk mengatasi masalah bengkak di bawah mata.

4. Manfaatkan Bahan Alami
Bahan alami juga bisa diandalkan untuk mengatasi masalah di bagian mata. Cobalah menempelkan timun dan kantung teh. "Dengan menggunakan perawatan alami tersebut cukup membantu. Keduanya dapat mengempiskan cairan lemak. Pilihlah kantung teh dari teh hijau yang lebih baik dibanding teh lainnya," saran Dr. Patricia Wexler. (kik/ays)