ADVERTISEMENT

4 Kesalahan yang Perlu Dihindari untuk Pemilik Rambut Kering

Arina Yulistara - wolipop Senin, 04 Jul 2016 15:21 WIB
Foto: thinkstock
Jakarta - Anda merupakan salah satu wanita dengan tipe rambut yang kering? Sebaiknya hindari empat hal ini agar rambut tidak semakin rusak. Mencuci 'mahkota' Anda terlalu sering hingga penggunaan hair dryer bisa berdampak buruk bagi si pemilik rambut kering. Oleh karena itu sebaiknya tidak melakukan empat hal berikut seperti dilansir dari Bold Sky.

1. Sering Menggunakan Hair Dryer
Beberapa wanita selalu menggunakan hair dryer setelah mencuci rambut. Untuk pemilik rambut kering sebaiknya tidak menerapkannya setiap saat karena bisa membuat rambut semakin rusak. Begitu pula dengan penerapan catok dan blow. Sebaiknya biarkan rambut kering secara alami agar batang dan akarnya tidak semakin rapuh seperti ketika terpapar panas dari alat pengering rambut.

"Panas dari alat catok atau blow bisa menyebabkan kerusakan sementara karena hidrogen yang melindungi rambut mengalami perubahan," ungkap Paradi Mirmirani, M.D., selaku staf dermatologis di Permanente Medical Group di Vallejo, California.

2. Mencuci Rambut Terlalu Sering
Tak sedikit wanita yang mencuci rambutnya setiap hari dan menggunakan berbagai produk perawatan rambut seperti shampoo, kondisioner, serum, hingga vitamin. Anda tidak disarankan untuk melakukannya terlalu sering karena bahan kimia di dalamnya bisa menjadi salah satu penyebab rambut rusak. Sebaiknya gunakan minimal dua hari sekali jika ingin menjaga kesuburan serta kelembabannya.

3. Keramas Pakai Air Panas
Keramas pakai air panas bisa menyebabkan rambut yang kering menjadi ronto. Air panas bisa membuat rambut semakin kering dan mematahkan sel-sel rambut. Ketika tidak ingin keramas menggunakan air dingin bisa membuat suhu air lebih hangat terlebih dahulu dengan cara mendiamkannya dalam sebuah wadah seperti bak atau ember. Baru kemudian cuci rambut menggunakan air tersebut.

4. Menggunakan Sisir yang Salah
Beberapa wanita kurang memperhatikan jenis sisir yang dipakainya. Padahal hal ini berpengaruh terhadap kesehatan rambut Anda. Bila si pemilik rambut kering bermasalah dengan kusut atau rontok, hindari menggunakan sisir yang bergigi rapat. Jenis tersebut akan membuatnya mudah rontok atau patah. Sebaiknya gunakan yang bergigi jarang. Anda pun bisa mengaplikasikan spray atau pelembab yang dikhususkan untuk membantu menyisir rambut kusut. (ays/ays)