ADVERTISEMENT

5 Makanan Ini Bisa Menghambat Pertumbuhan Rambut

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 21 Jun 2016 18:22 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Memanjangkan rambut bukan hal yang mudah bagi sebagian wanita. Banyak dari mereka yang telah mencoba segala cara, mulai dari sampo hingga suplemen namun belum mendapat hasil maksimal. Bagaimana dengan menjaga asupan makanan? Sejumlah ahli kesehatan mengatakan jika makanan tinggi protein, zat besi, dan vitamin bisa membantu membuat mahkota cepat panjang. Agar hasilnya semakin maksimal. ternyata Anda juga perlu menghindari beberapa asupan yang dipercaya menghambat pertumbuhan rambut. Berikut adalah lima di antaranya:

1. Ikan Berlemak
Ikan memang dianjurkan untuk dikonsumsi saat ingin mempercepat pertumbuhan rambut. Namun sebaiknya jangan pilih ikan berlemak, seperti salmon, tuna, ikan todak, atau makarel. Dilansir Byrdie, hewan laut tersebut seringkali punya tingkatan merkuri yang tinggi. Sedangkan merkuri diketahui dapat menggangu pembentukan protein dan berpengaruh terhadap penyerapan zat seng yang bisa menghambat rambut jadi panjang.

Disarankan Anda mengonsumsi tuna dan salmon kaleng serta udang yang tidak terlalu banyak terpapar merkuri. Menurut Food and Drug Administrarion, asalkan tidak dimakan lebih dari 12 ons setiap minggu, kesehatan tubuh dan rambut Anda akan baik-baik saja.

2. Makan Tinggi Gula
Selain kurang bagus untuk kulit, terlalu banyak gula ternyata juga tidak terlalu baik bagi rambut. "Makanan manis seperti permen atau cupcakes kesukaanmu menyebabkan tingkat insulin naik, yang juga menyebabkan kenaikan androgen dalam tubuh. Androgen diketahui mengiritasi dan memperkecil folikel rambut," ungkap Carla Rivas selaku hairstylist.

3. Diet Jus
Merasa rambut jadi lama tumbuh saat sedang diet jus? Menjalani juice cleanse memang bisa menghambat pertumbuhan rambut. Ketika Anda menjalani detoks tersebut, Anda pasti jadi mengonsumsi banyak gula tanpa protein. Hal tersebut membuat tingkat insulin dan androgen meningkat sehingga rambut tidak cepat panjang.

4. Makanan Rendah Protein
Rambut terbuat dari protein. Untuk itu, diharapkan makan asupan tinggi protein saat sedang ingin memanjangkannya. Hindari makanan berprotein rendah, seperti roti putih, pasta, dan banyak sereal yang dapat menjadikan rambut lemas dan tidak sehat.

5. Vitamin A
Vitamin A memang baik untuk kesehatan mata. Namun jika dikonsumsi dengan dosis tinggi, vitamin dalam tomat dan wortel tersebut tidak terlalu baik untuk rambut karena bisa merusak folikel. Vitamin A yang terlalu banyak diketahui dapat mengecilkan kelenjar minyak sehingga produksinya menjadi sedikit kemudian menyebabkan kerontokan. (asf/asf)