Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Manicure di Rumah

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 13 Jun 2016 17:30 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta -
Bukan hanya kulit tubuh dan wajah, wanita juga memperhatikan keindahan kuku mereka. Karenanya tak sedikit wanita yang melakukan manicure dan pedicure di salon kecantikan atau di rumah. Untuk Anda yang lebih suka menerapkan perawatan kuku sendiri, hindarilah tujuh kesalahan ini agar hasilnya maksimal:

1. Kikir Bolak-balik
Setelah digunting biasanya ujung kuku dikikir. Ada pula orang yang tidak memotong dan hanya mengikir kuku agar pertumbuhannya tidak terganggu. Apapun teknik Anda, usahakan untuk melakukannya secara searah dari bagian samping ke tengah dan tidak bolak balik. Hal tersebut perlu diterapkan agar kuku tidak mudah patah.

2. Kuku Berminyak
Agar terasa lembap, kuku dan jari tangan kerap diberi pelembap. Tapi setelah mengolesi lotion jangan lupa untuk membersihkannya. Kuku yang berminyak karena pelembap akan menyebabkan cat tidak menempel dengan sempurna kemudian jadi menggumpal. "Siapkan kuku-kuku Anda dengan mendorong kuku sekitar kutikel. Kemudian seka kuku dengan kapas yang direndam alkohol atau acetone beberapa kali sebelum mengaplikasikan base coat," ungkap Pattie Yankee selaku nail artist di New York, AS kepada Real Simple.

3. Selalu Pakai Base Coat
Nair artist Simcha Whitehill menyarankan agar Anda tidak melewatkan base coat atau cat kaku dasar. Produk itu berguna untuk melindung kuku serta memperpanjang ketahanan kuteks hingga beberapa hari lebih lama. Base coat berkualitas juga bisa mengkamuflase ketidaksempurnaan dan 'mengeluarkan' warna.

4. Terlalu Banyak Cat
Usahakan untuk tidak mengaplikasikan terlalu banyak cat kuku. Nail artist Pattie Yankee mengemukakan tekniknya yakni dengan memakaikan kuteks pada satu bagian kemudian meratakannya ke bagian lain. "Itu akan membantu mengontrol alur lebih baik sehingga cat kuku tidak banjir ke kutikel," katanya.

5. Buru-buru
Hindari pula untuk buru-buru dalam melapiskan cat kuku. Pastikan jika Anda menunggu paling tidak dua menit agar kutek sebelumnya mengering dengan sempurna. Cara itu akan membuat cat kuku lebih cepat kering karena lapisan bawahnya sudah cukup kering.

6. Melewatkan Top Coat
Agar hasil kuteks tahan lama secara maksimal dan lebih bersinar, jangan lupa memakai top coat. "Aplikasikan top coat setiap dua atau tiga hari untuk membantu mempertahankan kilap, menjadikan warnanya terlihat bersinar, dan mencegahnya luntur," tutur Yankee.

7. Tak Pakai Minyak Kutikel
Minyak kutikel sering dilewatkan saat manicure di rumah. Padahal produk tersebut bisa menutrisi kuku dengan lebih maksimal. Yankee mengajurkan agar minyak ITU diaplikasi pada kutikel dan seluruh kuku sebelum tidur sehingga bisa menyerap saat malam. (ami/ami)