Inilah Waktu Terbaik Menggunakan Body Lotion

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 27 Mei 2016 10:39 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Kulit yang lembap adalah salah satu kriteria kulit sehat. Untuk menjaga kulit agar tidak kering, Anda dapat mengaplikasikan pelembap tubuh atau body lotion. Tapi kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya?

"Best moment adalah setiap setelah mandi karena pada saat itu pori-pori kulit dalam keadaan terbuka dan dingin sehingga penyerapannya lebih baik," kata dokter spesialis kulit Melyawati Hermawan, saat acara Munggahan Vaseline di Cloud Lounge, The Plaza, Jakarta Pusat, Kamis (26/5/2016).

Sebenarnya, lanjut Melyawati, pemakaian pelembap tidak berhenti setelah mandi saja. Ia menganjurkan untuk selalu memakai body lotion setelah kulit terkena air, seperti cuci tangan dan mengambil wudhu.

Pasalnya, air membuat tubuh kehilangan kelembapan alaminya (natural moisturizing factor). "Temannya air itu pelembap, jadi jangan percaya kalau air itu dapat melembapkan kulit," katanya.

Ia menambahkan, penggunaan yang terlalu sering tidak akan menimbulkan efek samping sehingga aman bagi kulit. "Jadi mau pakai sampai 20 kali sehari pun sebetulnya tidak masalah," ungkap Melyawati.

Masalah kulit kering sebaiknya jangan dianggap remeh. Kulit yang kelembapannya tidak terjaga adalah cikal bakal dari berbagai masalah kulit. Sebut saja kulit sensitif, mudah gatal dan iritasi, gampang terluka, terlihat kusam, termasuk keriput dan garis halus yang merupakan tanda-tanda penuaan dini. (dng/hst)