Satu Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Pakai Skin Care Baru

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 21 Apr 2016 18:45 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Tidak semua produk perawatan cocok dengan jenis kulit kita. Meskipun produk skin care yang baru Anda beli banyak mendapatkan ulasan yang baik dari ahli atau blogger kecantikan, namun tiap orang memiliki kondisi kulit berbeda.

Satu hal yang perlu Anda lakukan sebelum mencoba skin care seperti krim wajah, serum atau krim mata sebaiknya lakukan tes pada kulit. Caranya dengan menaruh sedikit produk skin care di bagian leher dekat belakang telinga.

Letak tersebut disinyalir sebagai bagian kulit paling sensitif. Tunggu selama 24 jam, lalu lihat dan rasakan apakah ada reaksi gatal, kemerahan atau bengkak di kulit.

Dikutip Glamour, sekalipun Anda memiliki jenis kulit yang bukan sensitif Anda wajib melakukan tes tersebut untuk memastikan apakah produk yang digunakan tidak memiliki risiko alergi.  Sebab, beberapa kandungan yang biasa ada pada produk perawatan kulit seperti retinol, glycolic acid dan hydroquinone dapat memicu iritasi pada kulit.

"Reaksi alergi mungkin saja terjadi. Dalam setiap tahap hidup seseorang sangat memungkinkan terjadinya alergi," ujar Dr.  Howard Sobel, M.D, seorang ahli kulit dari New York. 

Jika Anda sudah terlanjur menggunakan produk di seluruh wajah dan merasa gatal atau kulit terasa panas,  segeralah cuci wajah menggunakan sabun wajah yang biasa digunakan. Bilaslah menggunakan air dingin untuk menenangkan kulit.  Diikuti dengan memulaskan pelembab yang biasa Anda gunakan.



(kik/ami)