Liputan Khusus Pria Bersolek

Riset: 54% Pria Mengaku Rajin Pakai Pelembab dan Krim Mata

Intan Kemala Sari - wolipop Jumat, 18 Mar 2016 08:46 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Penampilan menjadi salah satu aspek utama, bukan hanya bagi para wanita namun juga pria. Jika wanita memaksimalkan penampilan mereka dengan merawat diri dan berdandan, maka pria pun juga tidak mau ketinggalan. Mereka juga memoles wajahnya untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Sayangnya, hal tersebut tidak ingin diketahui banyak orang. Para pria lebih memilih untuk melakukannya secara sembunyi-sembunyi karena khawatir jika ia dicap kemayu.

Hal ini membuat sebuah perusahaan marketing JWT tertarik untuk melakukan penelitian pada 1.000 pria Amerika dan Inggris pada 2013 silam. Penelitian tersebut menemukan bahwa banyak pria yang sudah bisa menerima kehadiran produk kecantikan khusus untuk pria.

Dari hasil penelitian tersebut, diketahui sebanyak 54 persen pria setuju untuk menggunakan produk perawatan kulit seperti pelembab dan krim mata. Sedangkan 24 persen pria mengaku melakukan facial, dan sembilan persen di antaranya merasa tidak masalah dalam menggunakan alas bedak atau foundation.

Penelitian lain yang dilakukan oleh perusahaan riset Mintel di 2008, produk-produk perawatan kulit untuk pria meningkat sebanyak 15 persen. Diperkirakan, jumlah tersebut akan bertambah terus-menerus pada 2018 mendatang. Tidak heran, beberapa perancang busana seperti Tom Ford dan Marc Jacobs tertarik untuk merilis lini kosmetik yang diperuntukkan bagi para pria.

Tidak hanya menggunakan krim mata dan alas bedak saja, pria kini juga mulai tertarik melakukan botox. Menurut data dari American Society of Plastic Surgeons, keinginan pria di Amerika untuk menjalani suntik botox meningkat sebanyak 258 persen di tahun 2010.

Lantas apa yang mendorong para pria tersebut untuk merawat dirinya? Seperti dilansir dari Market Watch, para pakar kosmetik mengatakan bahwa banyak pria muda yang sadar bahwa dirinya berada di dalam generasi 'metroseksual', di mana melakukan perawatan wajah adalah suatu hual yang sama pentingnya dengan mengenakan setelan jas.

Selain itu, beberapa pria juga dibesarkan di dalam lingkungkan yang terus mengkampanyekan kewaspadaan terhadap kanker kulit. Sehingga mereka sudah terbiasa menggunakan produk kecantikan yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

(int/eny)