3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Melakukan Contouring Wajah

Intan Kemala Sari - wolipop Senin, 30 Nov 2015 10:43 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Memiliki wajah yang tirus dan tulang rahang yang tegas menjadi dambaan setiap wanita. Namun sayangnya tidak semua orang dilahirkan dengan bentuk wajah seperti itu. Untuk membuat efek tirus dan mempertegas tulang rahang, makeup menjadi salah satu 'senjata andalan' yang bisa digunakan para wanita. Melalui teknik contouring, wajah tampak lebih berdimensi dan terlihat lebih 'tajam'.

Contouring menjadi teknik merias yang kini banyak digemari oleh semua wanita, tak terkecuali selebriti seperti Kim Kardashian dan Kyline Jenner yang turut mempopulerkan riasan tersebut. Namun sayangnya, masih banyak wanita yang belum paham tentang cara menerapkannya sehingga hasil riasan terlihat tidak natural dan ekstrim. Berikut tiga kesalahan yang sering dilakukan wanita saat melakukan contouring wajah :

1. Pakai Contour Krim
Menurut makeup artist Troy Surratt, beberapa tutorial makeup di YouTube selalu memperlihatkan teknik contouring menggunakan krim sehingga mudah dibaurkan. Padahal untuk Anda yang baru pertamakali melakukan teknik tersebut, menggunakan contouring powder ternyata lebih mudah diaplikasikan.

"Video tutorial hampir selalu menggunakan contour krim yang memang hasilnya terlihat bagus di depan kamera. Tapi jika Anda pemula, contouring powder seperti bedak padat lebih mudah dibaurkan," ucap Troy seperti dikutip dari Allure.

Ditambahkan oleh makeup artist Jillian Dempsey yang merupakan penata rias untuk Kristen Stewart, ia menyarankan untuk memilih warna contouring yang dua tingkat lebih gelap dari warna kulit. Atau Anda juga bisa menggunakan blush on berwarna cokelat keemasan yang hasilnya lebih natural.

Baca Juga: 50 Foto Before-After Selebriti yang Operasi Plastik

2. Menggambar Garis di Wajah
Penata rias Charlotte Tilbury memaparkan, kesalahan lain yang sering dilakukan wanita dalam teknik contouring adalah menggambar garis pada tulang pipi. Padahal hal tersebut tidak selamanya benar.

"Gunakan kuas untuk contouring dan lakukan gerakan memutar pada cekungan di bawah tulang pipi Anda. Gunakan juga kuas yang lebar (fan brush) untuk shading yang lebih natural dan menyatur dengan wajah," kata makeup artist Cara Delevingne ini.

3. Penggunaan Highlighter Berlebihan
Paduan contouring dan highlighter membuat wajah semakin berdimensi dan terdefinisi. Akan tetap banyak yang salah dalam menerapkan teknik highlighter tersebut. Charlotte menyarankan untuk tidak terlalu berlebihan dalam menggunakan highlighter.

"Anda tidak perlu menggunakan highlighter terlalu banyak pada pipi dan dahi agar wajah tampak berkilau. Cukup dengan sapukan highlighter powder pada bagian atas tulang alis, batang hidung, dan bagian atas bibir," tandasnya.

(int/int)