3 Cara Tepat Menghapus Makeup agar Wajah Bersih Sempurna

Hestianingsih - wolipop Minggu, 04 Okt 2015 15:46 WIB
Dok. Thinkstock Dok. Thinkstock

Jakarta - Produk makeup kini banyak yang dirancang agar tahan lama seharian, sehingga tidak perlu lagi sering-sering mengaplikasikan ulang bedak, blush on atau eyeliner. Namun riasan wajah yang tahan lama cenderung lebih sulit dibersihkan dan prosesnya perlu berkali-kali.

Padahal menggosok wajah berkali-kali bisa mengakibatkan kulit terititasi. Terlebih lagi untuk kelopak mata dan bulu mata, cara membersihkan yang terlalu kasar bisa melukai area mata yang sensitif dan halus. Ada beberapa cara yang dianjurkan untuk membersihkan makeup dengan lembut namun hasilnya bisa bersih maksimal, seperti dikutip dari Women's Health Mag.

1. Lebih Berhati-hati di Area Mata
Kulit di sekitar mata paling tipis ketimbang kulit di bagian wajah lainnya. Itulah sebabnya mata lebih rentang terkena iritasi dan peradangan seperti mata berkantung, merah-merah atau lingkaran gelap. Pilihlah makeup remover yang bebas parfum dan alkohol.

Tuangkan dua hingga tiga tetes makeup remover ke atas kapas, lalu tempelkan dan tahan pada area mata selama 20 sampai 30 detik, baru kemudian diusap. Dengan menahannya selama beberapa detik, makeup mata akan 'melunak' dan lebih mudah dibersihkan. Anda pun hanya perlu menyapukan kapas dua hingga tiga kali agar mata tidak terlalu banyak kena gesekan dan iritasi bisa diminimalisir.

2. Gunakan Pembersih Khusus Kosmetik Waterproof
Kosmetik waterproof atau tahan air biasanya memiliki pigmen dan konsistensi formula yang lebih tinggi. Oleh karena itu Anda juga memerlukan makeup remover dengan kekuatan membersihkan yang bagus. Pembersih makeup waterproof paling ideal adalah yang berbahan dasar minyak.

Tapi perlu diingat, pembersih makeup berbasis minyak bisa meninggalkan residu minyak di permukaan kulit meskipun telah diserap dengan kapas atau tisu. Selain itu juga bisa menghalangi pori-pori kulit untuk menyerap produk perawatan lainnya seperti krim mata, serum atau pelembab. Oleh karena itu selalu lanjutkan dengan membersihkan wajah menggunakan facial foam untuk menghilangkan residu minyak.

3. Tuntaskan dengan Toner
Setelah membersihkan makeup dan mencuci wajah, gunakan toner untuk mengangkat sisa makeup dan makeup remover secara tuntas. Pilihlah toner sesuai jenis kulit Anda. Toner berbahan chamomile berfungsi melembabkan kulit kering, sementara yang berbahan tea tree oil cocok untuk kulit berminyak. Untuk lebih pastinya, selalu lihat keterangan yang tertera di kemasan produk.

(hst/hst)