Cara Menggunakan Sampo dan Kondisioner yang Benar Saat Keramas

Kiki Oktaviani - wolipop Selasa, 01 Sep 2015 18:10 WIB
Cara Menggunakan Sampo dan Kondisioner yang Benar Saat Keramas. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Keramas tidak sekedar membasahkan rambut lalu menggosok kulit kepala dengan sampo saja. Proses mencuci rambut akan lebih efektif jika Anda mengetahui teknik dalam penggunaan sampo dan kondisioner yang tepat.

Keramas sebaiknya dimulai dengan membasahi rambut dengan air hangat. Fungsi air hangat adalah untuk membuka pori-pori kulit kepala agar sampo dapat membersihkan minyak dan kotoran tersembunyi di kulit kepala dengan sempurna.

Setelah rambut basah dan minyak pada kulit kepala keluar karena air hangat tadi, baru setelah itu masuk ke tahap penggunaan sampo. Saat menggunakan shampo pun ada teknik yang tepat, tidak sekedar menggosok kulit kepala.



"Jangan menggosok kulit kepala pakai kuku karena dapat melukai kulit kepala. Gunakan ujung-ujung jari. Di mulai dari sisi samping kanan dan kiri, tengah, tengkuk belakang lalu turun ke rambut hingga batang rambut," ujar Ajad, terapis di salon Irwan Team untuk Kerastase saat ditemui Wolipop di salon Irwan Team, Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, Selasa (1/9/2015).

Tapi, berbeda lagi cara pakai sampo untuk rambut yang diwarnai. Dituturkan terapis yang sudah bekerja di dunia perawatan rambut lebih dari lima tahun itu, untuk rambut diwarnai, penerapan sampo sebaiknya dimulai dari batang rambut naik hingga kulit kepala. Pastikan Anda menggunakan sampo yang memang khusus untuk rambut diwarnai untuk mencegah batang rambut kering dan bercabang.



Untuk jenis rambut apapun, penerapan shampo sebaiknya digunakan dua kali. Jadi setelah sampo pertama, bilas rambut, kemudian usapkan sampo kembali. "Biasanya shampo pertama kurang berbusa itu karena minyak dan kotoran rambut yang sudah menumpuk. Sampo kedua untuk benar-benar membersihkan sisa minyak pada kulit kepala dan rambut," jelas Ajad.

Setelah rambut disampo dan dibilas, berikan nutrisi tambahan bagi rambut dengan menggunakan kondisioner yang tepat secara rutin setelah keramas, agar kilau rambutmu tetap terjaga. Kondisioner juga berfungsi untuk menutup kutikula rambut yang telah terbuka karena proses pencucian dengan sampo.

Cara Menggunakan Sampo dan Kondisioner yang Benar Saat KeramasPresented by PANTENE. Foto: dok. P&G



Selain menggunakan kondisioner bilas, kini Anda juga bisa gunakan produk terobosan kondisioner tanpa bilas persembahan dari Pantene, yaitu PANTENE Perfec+ ON. Kekuatan 20 vitamin di dalamnya dapat membantu menutrisi rambut dan menjadikannya terasa lebih lembut sepanjang hari.

Jika diawal keramas, rambut dibasuh dengan air hangat, setelah menggunakan kondisioner bilas rambut dengan air dingin (suhu normal). "Air dingin juga untuk menutup kutikula rambut. Kalau pakai air panas fungsi kondisioner yang sudah diterapkan akan hilang," pungkas Ajad.

(kik/als)