4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memulai <i>Vlogging</i>

Intan Kemala Sari - wolipop Senin, 08 Jun 2015 16:40 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta -

Vlogging atau video blogging menjadi hal yang kini mulai sering dilakukan oleh para blogger. Hal ini dilakukan karena perkembangan zaman dan dunia teknologi di mana blog sekarang tak lagi dipenuhi dengan tulisan atau gambar saja.

Para penulis blog seolah ingin menambahkan konten baru ke dalam blognya agar terlihat tidak monoton sehingga banyak para pembaca yang tertarik untuk membacanya. Seperti yang dituturkan oleh Priskila Eirene selaku videografer profesional, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai melakukan vlogging. Apa saja?

1. Buat Catatan kecil
Sebelum memulai vlogging, tak ada salahnya berikan waktu pada diri sendiri untuk memikirkan apa yang ingin dibahas sehingga hasil video nantinya akan terlihat lebih menarik. Wanita yang akrab disapa Kila ini menyarankan untuk membuat catatan kecil terlebih dahulu sebelum berbicara di depan kamera agar tidak canggung atau lupa saat merekam video.

2. Siapkan Peralatan
Saat ingin merekam video, gunakan peralatan yang dapat menunjang tampilan video agar hasilnya terlihat maksimal seperti video profesional. Peralatan tersebut meliputi sebuah kamera dengan resolusi tinggi, tripod atau penyangga kamera, serta lighting atau pencahayaan.

"Pencahayaan ini penting sekali ya, kalau hasil videonya gelap jadi tidak menarik. Memang ada yang menjual mini lighting di beberapa toko kamera, tetapi saya tidak menganjurkan harus membelinya. Sebenarnya pakai cahaya matahari juga sudah cukup," tutur wanita 27 tahun ini saat menjadi nara sumber pada acara Garnier Vlogging Getaway di Hotel Padma Bandung, Jawa Barat, Sabtu (6/6/2015).

3. Menyunting Video
Kila yang menjadi seorang videografer profesional sejak 2009 ini mengatakan banyak para blogger, terutama blogger kecantikan yang mayoritas adalah wanita merasa malas untuk menyunting video. Mereka merasa hal ini adalah proses yang sulit untuk dilakukan, sehingga masih banyak para beauty blogger yang terlihat asal-asalan dalam membuat video.

Padahal menurutnya, edit video tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kini terdapat beberapa aplikasi perangkat lunak yang tersedia dengan berbagai fitur untuk memudahkan para pengguna awam menyunting videonya.

"Software edit video sekarang sudah gampang digunakan. Bisa memotong video, menambahkan lagu pengiring, teks, dan efek transisi video. Sebenarnya dengan empat hal itu saja sudah cukup untuk editing," katanya.

4. Branding Video
Wanita lulusan Institut Teknologi Harapan Bandung (ITHB) ini memaparkan, banyak para beauty blogger yang masih belum mengetahui bahwa dengan mengunggah video dan menjadikannya sebagai pelengkap konten blog, banyak brand-brand kecantikan yang melirik mereka. Oleh karena itu, berusahalah sebisa mungkin untuk membuat video lebih menarik bagi para pembaca blog.

"Branding video di sini meliputi sikap kita saat berbicara di depan kamera, pembawaan diri, kepribadian, sampai hal-hal unik atau ciri khas yang dimiliki yang bisa membuat para pembaca blog ingin kembali menonton video kita lagi," ujar Kila sebelum menutup perbincangan.



(int/aln)