Ini Cara Efektif Atasi Kebotakan Pada Pria

- wolipop Kamis, 27 Nov 2014 17:34 WIB
dok. Thinkstock
Jakarta -

Masalah kecantikan pada pria dan wanita memang berbeda. Jika wanita khawatir dengan kerutan di wajah, berbeda lagi dengan pria. Mereka lebih takut bila mengalami kebotakan dini. Berita buruknya, masalah penipisan rambut pada pria sulit untuk diatasi.

Ketika folikel rambut tumbuh tidak sempurna, bahkan sudah tidak bisa tumbuh lagi maka menggunakan tonik rambut atau obat-obatan penumbuh rambut pun percuma. Hal itu karena folikel yang sudah tidak aktif berarti tidak bisa bekerja untuk menumbuhkan dan melebatkan rambut. Maka dari itu terjadinya kebotakan permanen.

Meski begitu, dunia kecantikan telah menghadirkan solusi untuk masalah kebotakan tersebut yakni dengan metode cangkok rambut atau yang lebih dikenal dengan hair transplant. Dr. Nadia Kusumastuti, Sp.BP menjelaskan bahwa kebotakan pada pria memiliki pola. Biasanya di bagian garis rambut bagian depan terlebih dahulu yang menipis dan mundur ke belakang, lama kelamaan terjadilah kebotakan yang melebar.

"Nah setelah diteliti, bagian belakang kepala tidak pernah botak. Makanya bisa diambil dari sana untuk melakukan donor rambut," ujar dr. Nadia saat acara peluncuran perawatan perawatan Hair Transplant di Klinik kecantikan Ultimo di Plaza Asia, Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (27/11/2014).

Cara pengerjaan hair transplant sedikit lebih rumit dan memakan waktu yang cukup panjang. Setelah dilakukan pembiusan, kepala bagian belakang sedikit disayat untuk mengambil folikel rambut. Dari hasil sayatan tersebut bisa mendapatkan 2.000 folikel rambut. Satu per satu folikel rambut dipisahkan untuk dipersiapkan ditanam di bagian yang botak.

Cara memasukkan folikel rambut ke bagian yang botak menggunakan alat modern yang bernama implanter pen. Alat berbentuk seperti pulpen tersebut dimasukkan folikel, lalu ujung 'pulpen' ditekan ke kulit kepala agar si folikel rambut tertanam sempurna di kulit kepala. Satu per satu folikel dikerjakan secara teliti yang bisa memakan watu lebih dari dua jam.

Dalam waktu tiga sampai empat bulan rambut baru akan tumbuh. Kecepatan pertumbuhan rambut sekitar 0,5 inci perbulan. "Metode hair transplant saat ini paling optimal di antara metode lainnya karena diambil dari folikel rambut dari bagian belakang kepala yang memiliki akar lebih kuat dibanding bagian lainnya," tambah dokter yang mengambil sekolah metode hair tranplant di Korea Selatan itu.

(kik/eny)