3 Langkah Merawat Kulit Tangan agar Terhindar dari Penuaan Dini

- wolipop Minggu, 23 Nov 2014 13:08 WIB
Dok. Getty Images Dok. Getty Images

Jakarta - Punggung dan telapak tangan seringkali terlewat dari rutinitas perawatan tubuh harian. Bicara soal perawatan kulit, sebagian besar wanita umumnya hanya peduli bagaimana mengatasi penuaan kulit di wajah, atau menjaga kulit tubuhnya agar selalu kencang dan halus. Padahal tanda-tanda penuaan paling jelas terlihat pada tangan ketimbang bagian tubuh lainnya.

Agar tangan tetap terlihat muda, halus dan tanpa kerutan, tidak cukup hanya menggunakan pelembab atau hand cream saja. Kulit tangan cenderung mudah kehilangan kelembabannya dan karena paling sedikit menyimpan lemak, maka ia lebih cepat keriput dan terlihat tua. Maka dari itu perawatan kulit tangan juga harus dilakukan secara intensif. Ini dia tipsnya yang dihimpun Wolipop dari berbagai sumber.

1. Jangan Lupa Pakai Tabir Surya
Tangan merupakan bagian tubuh yang paling jarang tertutup kain dan terekspos matahari langsung setiap hari. Baik saat berjalan di tempat umum atau menyetir mobil. Seperti diketahui, paparan sinar matahari sangat berbahaya bagi kulit dan bisa mempercepat penuaan, bahkan kanker kulit. Oleh sebab itu selalu lindungi tangan Anda dengan losion atau krim tabir surya, minimal yang mengandung 30 SPF. Oleskan setiap dua hingga tiga jam sekali, khususnya ketika Anda berada di luar ruangan.

2. Cuci Tangan dengan Lembut
Saat mencuci tangan, gunakan sabun khusus (biasanya berlaberl handsoap) dengan formula yang lembut. Sabun pembersih khusus tangan biasanya diformulasikan agar tidak menghilangkan pelembab alami pada tangan serta mencegahnya dari kekeringan. Gosok-gosok tangan dengan lembut, bersihkan juga sela-sela jari lalu bilas dengan air bersuhu sedang. Ketika mencuci piring atau memandikan anak, kenakan selalu sarung tangan karet untuk mencegah kulit tangan terlalu banyak terekspos sabun maupun deterjen.

3. Selalu Gunakan Hand Cream
Oleskanlah hand cream pada kulit tangan yang masih lembab setelah dibersihkan dengan sabun dan air. Gunakanlah hand cream sesaat setelah Anda mencuci tangan agar kandungannya lebih cepat meresap dan juga untuk mencegah kulit kehilangan banyak pelembab alaminya. Oleskan sambil dipijat ringan, jangan lupakan juga pinggiran kuku dan sela-sela jari tangan. Gunakan hand cream setiap hari, dan ulangi pemakaiannya setiap kali Anda selesai mencuci tangan.

(hst/als)