Ini Definisi Cantik Sesungguhnya Menurut Survei

- wolipop Selasa, 28 Okt 2014 19:06 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar kata cantik? Ada yang mengatakan memilikit kulit putih, badan proporsional dengan tinggi semampai. Ada pula yang mengatakan cantik bergantung kepada sikap dan perbuatannya atau istilah 'kerennya' inner beauty. Namun sebenarnya, cantik tidak bisa dideskripsikan secara mutlak karena definisinya yang bersifat relatif.

Tetapi baru-baru ini, perusahaan ritel parfum dan kosmetik Fragrance Direct mengadakan sebuah survei yang turut melibatkan sebanyak 1820 responden dalam mendefinisikan kecantikan. Mereka diajak untuk memilih aktris yang dianggap paling cantik. Hasilnya, Angelina Jolie menempati posisi pertama dengan persentase sebanyak 14,1%. Disusul Jennifer Aniston yang dipilih sebanyak 11,1%. Mereka berdua mengalahkan aktris muda seperti Emma Watson dan Selena Gomez.

Masih dalam survei yang sama, perusahaan ritel asal Inggris ini juga menyebutkan, 67,5% responden berkata bahwa tampilan keseluruhan merupakan hal yang sangat penting. Sedangankan 83,1% responden berpendapat, rasa percaya diri yang dimiliki oleh seseorang membuatnya terlihat lebih menarik.

Lalu ketika ditanya mengenai produk kosmetik, hampir semua wanita mengungkapkan mereka merasa lebih cantik dengan riasan yang natural. Bukan dengan make-up tebal dan tampilan glamor.

Mengenai hasil survei, juru bicara Fragrance Direct turut memberikan pendapatnya. "Setiap orang memiliki bayangan tentang kecantikan yang berbeda-beda. Tetapi kami ingin mengetahui definisi kecantikan dari para pelanggan kami dan apa yang membuat mereka merasa cantik," paparnya seperti dikutip dari Female First.

Ia juga merasa senang ketika mengetahui bahwa para wanita lebih memilih riasan natural karena membuat mereka merasa lebih cantik. Menurutnya, riasan wajah dilakukan untuk menonjolkan kecantikan alami seorang wanita bukan malah menutupinya.

Senada dengan sang juru bicara, berbagai pendapat dikemukakan oleh para responden yang mengikuti survei. Sebagian besar dari mereka setuju dengan perkataan 'kecantikan terletak kepada seseorang yang melihatnya'.

Sedangkan menurut salah seorang responden, rasa percaya diri dan kebahagiaan dalam diri seseorang akan memancarkan kecantikan dari luar. Mereka juga mengatakan kepribadian yang baik dapat membuat seseorang yang biasa aja terlihat cantik, dan kepribadian yang buruk dapat membuat seorang yang cantik terlihat buruk.

"Kecantikan adalah apa yang orang lain lihat, tetapi Anda tidak dapat melihatnya sendiri," katanya.

(int/hst)