Waspada Kosmetik Palsu

BPOM: Hati-hati Jika Ingin Beli Kosmetik Lewat Internet

- wolipop Rabu, 21 Mei 2014 16:01 WIB
Dok. Thinkstock Dok. Thinkstock

Jakarta - Selain warung, toko kecil dan counter di pusat perbelanjaan, kosmetik palsu juga banyak diedarkan lewat situs belanja online maupun social media. Oleh karena itu bagi Anda yang sering, atau baru mencoba membeli kosmetik lewat online shop, maka perlu berhati-hati dan teliti.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan tidak menganjurkan konsumen membeli kosmetik atau obat lewat internet, sebab transaksi jual beli yang dilakukan secara virtual sulit untuk dipertanggungjawabkan keamanannya. Risiko mendapatkan produk yang palsu atau ilegal pun lebih tinggi lewat pembelian online.

"BPOM tidak pernah mengeluarkan rekomendasi secara online. Kami juga tidak ada pengaturan penjualan secara online. Kategorinya tidak resmi. Hati-hati karena kita tidak pernah tahu siapa yang menjadi penanggungjawab di online," ujar Kepala Pusat Informasi BPOM Reri Indriani, saat berbincang dengan wolipop di Pacific Place Mall, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (20/05/2014).

Menurut Reri, konsumen akan lebih sulit mengajukan komplain apabila membeli kosmetik yang ternyata palsu atau ilegal secara online. Sebab, kebanyakan online shop hanya mencantumkan nomor telepon atau alamat email untuk berkomunikasi sementara alamat fisik cukup jarang ditampilkan.

"Secara virtual kami pernah telusuri website-nya, akhirnya kami temukan sarananya secara fisik tapi setelah ditemukan mereka langsung menghilang. Jadi kami tidak merekomendasikan pembelian kosmetik secara online," tegas Reri.

Jika tetap ingin membeli kosmetik secara online, sebaiknya kunjungi website resminya atau online shop yang sudah terpercaya dan bereputasi baik. Namun sekali lagi, Reri menghimbau Anda agar menjadi konsumen yang benar-benar cerdas.

"Silakan saja (jika ingin belanja di website resmi). Tapi tetap jangan mudah terperdaya oleh promosi iklan. Kita juga harus bisa memilih ini benar-benar situs resmi atau abal-abal? Saya rasa masyarakat pasti bisa melihat," tuturnya.

Beberapa brand kosmetik sudah ada yang memiliki toko online yang bisa dijamin keasliannya, antara lain The Body Shop Indonesia, Martha Tilaar Cosmetics, Mustika Ratu, Sephora, The Face Shop atau Sephora. Produk asli juga bisa didapatkan di situs belanja online terpercaya seperti Lazada dan Zalora karena mereka sudah bekerjasama dengan sejumlah brand kosmetik, dan biasanya hanya menjual produk yang menjadi partner bisnisnya.

Bagaimana dengan pembelian lewat social media seperti Instagram, Twitter atau Facebook? Anda perlu lebih berhati-hati. Tanpa biaya bandwith atau domain, siapa saja bisa dengan mudah mem-posting foto produk sebebas mungkin. Namun beberapa akun Instagram atau Twitter ada yang secara gamblang menjelaskan kalau yang mereka jual adalah replika produk aslinya, yang artinya itu bukanlah original. Jadi, pilihan tetap ada di tangan konsumen untuk membelinya atau tidak.



(hst/hst)