Liputan Khusus Creambath

Creambath, Hair Spa, dan Hair Mask, Apa Bedanya?

- wolipop Jumat, 12 Apr 2013 09:31 WIB
Foto: Arina Yulistara/Wolipop Foto: Arina Yulistara/Wolipop

Jakarta - Tidak sedikit wanita yang menghabiskan waktu mereka di salon hanya untuk creambath, hair spa, atau hair mask. Salon membedakan ketiga perawatan tersebut dilihat dari harga yang diberikan. Ternyata tidak hanya harga, krim dan treatment-nya pun memang berbeda.

Sebagai pencetus creambath dan hair mask di Indonesia, Rudy Hadisuwarno mengatakan, sebenarnya creambath dan hair spa hampir sama, hanya saja krim untuk hair spa dicampur dengan minyak atsiri yang berasal dari wewangian alami, seperti lavender untuk menenangkan atau aroma jeruk lemon yang menyegarkan. Ritual dan manfaat yang dihasilkan pun sama dengan creambath.

"Jadi itu dikategorikan seperti orang ke spa kan, makanya dinamakan hair spa. Sebenarnya isinya creambath cuma dicampur dengan minyak yang biasa dipakai di spa. Manfaatnya sendiri sama," papar Rudy yang dikenal sebagai maestro rambut Indonesia itu saat berbincang dengan wolipop di kantornya, Jalan Kesehatan Raya No. 36, Jakarta Pusat, Selasa (9/4/2013).

Creambath dan hair spa juga berbeda dengan masker rambut atau hair mask. Perawatan yang satu ini ditujukan kepada wanita yang memiliki rambut sangat rapuh atau rontok. Krim untuk hair mask juga dibuat khusus mengobati rambut bermasalah. Krim asli ciptaan Rudy lebih pekat karena terbuat dari ragi sehingga akan memberikan banyak nutrisi untuk rambut rusak.

Dalam ritualnya creambath, hair mask dan hair spa cukup berbeda. Jika creambath dan hair spa ada pemijatan, hair mask tidak. Mengapa? Hal itu agar rambut yang bermasalah dapat terobati dengan baik. Namun kini banyak rumah kecantikan yang tidak membedakan antara creambath, hair spa, dan hair mask. Hanya harga yang diberikan tampak berbeda.

"Saya membuat satu campuran yang bisa memperbaiki kondisi rambut rontok atau rusak tanpa di-massage. Sekarang ini sudah salah kaprah sudah di-massage," ujar pria yang telah memiliki salon sejak 1968 itu.

Maka dari itu, Rudy menyarankan bagi Anda yang mempunyai rambut bermasalah seperti rontok atau ketombe sebaiknya pilih perawatan dengan hair mask tanpa dipijat. Hindari melakukan creambath karena bisa membuat rambut semakin rontok atau berketombe.



(eny/rma)