Tips Merawat Kuas Make-Up Agar Tahan Lama

- wolipop Minggu, 18 Mar 2012 10:16 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Salah satu peralatan make up yang sering dipakai adalah kuas. Memiliki kuas make up yang berkualitas adalah sebuah investasi. Mungkin memang mahal, tetapi alat itu membuat sapuan make up menjadi lebih mudah dan tepat. Sementara kuas murah cenderung mudah hancur dan bulu-bulunya rontok.

Bagaimana cara merawat kuas make up berkualitas yang sudah Anda beli? Berikut ini tipsnya dari All Women Stalk:

1. Teliti Sebelum Membeli
Jika Anda ingin membeli satu set lengkap kuas make up, periksalah hal-hal berikut: apakah kepala sikatnya terhubung dengan baik pada batangnya, sehingga tidak mudah patah. Lalu periksa kelembutan dan kehalusan serat bulunya (yang alami adalah pilihan yang baik), dan yang terakhir pilih set kuas yang memiliki tempat pelindungnya.

2. Membersihkan
Setiap habis menggunakan kuas make up, bersihkan sisa riasan yang menempel pada sikatnya. Itu dapat menjaga bagian dalam tas make up Anda tetap bersih. Jika masih terdapat sisa-sisa make up pada bulu sikat, dengan seiringnya waktu akan mulai mengikis serat pada bulu kuas tersebut, sehingga bulu-bulunya akan rontok.

3. Simpan dengan baik
Saat kita tidak sedang memakai kuas make up, simpan dengan meletakkannya secara mendatar atau biarkan berdiri tegak. Karena ini membantu untuk mempertahankan bentuk dan bulunya agar tidak bengkok atau patah. Jika Anda tidak memiliki tempat penyimpanan khusus yang baik untuk kuas make up, mungkin Anda sekarang harus segera memilikinya.

4. Shampo
Cara merawat kuas make up yang buruk dapat menyebabkan sumber bakteri. Untuk memastikan agar kesehatan Anda tidak berisiko, maka bersihkan kuas-kuas tersebut satu kali setiap dua minggu dengan menggunakan shampo dan air hangat untuk membersihkan bulu-bulunya.

5. Membilas
Setelah Anda mencucinya dengan shampo, pastikan Anda benar-benar membilasnya dengan bersih pada air dingin. Ketika air sudah jelas melewati bulu-bulu kuas, berarti kuas sudah bersih dan siap dikeringkan.

6. Keringkan
Hal ini sangat penting, karena Anda harus pastikan bahwa kuas sudah kering sebelum menggunakannya kembali. Gunakan handuk, kemudian tekan-tekan dengan lembut agar sisa air terserap. Jangan digosok atau ditarik-tarik karena dapat merusak bulu-bulunya.

7. Angin-anginkan
Jika Anda sudah menyerap sisa air dan mengeringkannya, baringkan kuas di permukaan datar sambil merapikan bulu-bulunya ke posisi yang Anda inginkan, dan memungkinkan kuas mendapatkan angin untuk mengeringkannya. Jangan gunakan hair dryer, karena sikat kuas tidak boleh terkena panas yang berlebihan.





(eny/eny)