4 Tips Cerahkan Lutut yang Gelap

- wolipop Rabu, 08 Jun 2011 08:37 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Lutut yang berwarna gelap sering menimbulkan rasa tidak percaya diri pada wanita. Seringkali mereka memakai pakaian yang menutupi lututnya karena terlihat lebih gelap dari kulit lainnya.

Lutut yang gelap biasanya disebabkan karena paparan sinar ultraviolet, kurangnya menjaga kebersihan serta gesekan dari pakaian dan permukaan kasar lainnya. Jika Anda mengalami masalah tersebut, perawatan ini bisa membantu mencerahkan kulit gelap pada lutut Anda, seperti dikutip dari Ehow.

1. Menjaga Kebersihan Kulit
Jagalah kebersihan kulit Anda. Mandi setiap hari untuk membersihkan lipatan pada lutut. Lipatan tersebut rentan terhadap kotoran dan keringat yang dapat menyebabkan lutut gelap.

Penumpukan sel kulit mati juga dapat menggelapkan lutut. Gosok kulit perlahan untuk menghilangkan sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan sel baru. Lembabkan lutut Anda dengan body lotion khusus untuk kulit kering setiap hari.

2. Pembersih dari Buah Lemon
Pilih pembersih yang aman untuk kulit, terutama bagian lutut. Potong sebuah lemon menjadi dua dan gosokkan pada lutut Anda. Biarkan air lemon meresap pada kulit lutut selama 15 menit. Lalu bersihkan menggunakan handuk hangat. Gosok lutut Anda dengan lembut untuk membersihkan jus lemon sekaligus menyingkirkan sel-sel kulit mati. Air jeruk yang asam secara alami dapat mencerahkan kulit. Sedangkan membersihkannya dengan handuk dapat menghilangkan sel-sel kulit mati.

3. Hindari Gesekan pada Lutut
Anda yang suka memakai celana di bawah lutut sebaiknya berhati-hati. Kulit yang bergesekan dengan celana akan membuat lutut lebih gelap. Hindari juga berlutut atau menggosok lutut di permukaan kasar.

4. Tabir Surya
Oleskan tabir surya pada lutut Anda sebelum keluar dan terkena sinar matahari. Lutut yang keriput dan kering mudah menyerap sinar ultraviolet. Hal tersebut yang menyebabkan kulit pada bagian lutut mudah berubah warna menjadi gelap.


(hst/eya)