Fakta Seputar Tingkat SPF Pada Tabir Surya

- wolipop Rabu, 18 Agu 2010 16:07 WIB

Jakarta - Pertama-tama, Anda harus mengerti pengertian dari SPF itu sendiri. SPF adalah singkatan dari Sun Protector Factor. Nilai dari SPF dihitung berdasarkan eksperimen oleh para ahli.

Anda mungkin bingung ketika memilih tabir surya (sunblock) yang mengandung SPF 30 atau SPF 50. Sebagian lainnya berpikir bahwa tabir surya dengan SPF 100 mempunyai proteksi dua kali lipat dari tabir surya SPF 50.

Penjumlahan dasar matematika tidak berlaku pada SPF dalam tabir surya. Pada dasarnya jika tabir surya digunakan secara benar, maka tabir surya yang mengandung SPF 15 akan menahan 93 persen sengatan UVB, SPF 30 menahan 97 persen sengatan UVB dan SPF 50 menahan 98 persen sengatan UVB.

Semakin tinggi SPF yang terkandung dalam tabir surya maka semakin tinggi pula proteksi yang diberikan. Hanya saja, banyak orang yang salah kaprah dalam hal ini.

Dengan nilai SPF yang tinggi, mereka berpikir bahwa cukup meneteskan sedikit krim tabir surya pada kulit untuk melindunginya dari sinar matahari. Padahal jika kandungan SPF pada krim tabir surya akan semakin sedikit jika diaplikasikan dengan sedikit pula. Artinya, tabir surya dengan SPF 100 akan sama dengan tabir surya SPF 15 jika diaplikasikan dengan sedikit. Takaran yang pas untuk tabir surya adalah satu ons untuk seluruh tubuh dan sedikit saja untuk wajah.

Kesalahan lainnya adalah menganggap dengan menggunakan tabir surya SPF 100, maka tidak perlu melakukan menggunakannya lagi seharian. Kenyataannya, nilai proteksi tabir surya akan menurun dari menit ke menit dan akan menghilang setelah satu hingga dua jam.



(af1/fer)